Pergerakan IHSG Ikuti PMI-BI


Kamis, 24 September 2020 - 19:18:49 WIB
Pergerakan IHSG Ikuti PMI-BI Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Indonesia sendiri juga memiliki indeks serupa yang dinamakan Prompt Manufacturing Index yang disingkat menjadi PMI-BI, lantaran indeks manufaktur ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Head of Public Relations, Dila Karinta mengatakan, fungsinya pun serupa dengan PMI, PMI-BI memperlihatkan gambaran umum mengenai kondisi Sektor Industri Pengolahan saat ini dan perkiraan triwulan mendatang.

PMI-BI merupakan indikator ekonomi yang mencerminkan keyakinan para manajer bisnis di sektor manufaktur.

PMI-BI merupakan indeks komposit yang diperoleh dari lima indeks yaitu volume pesanan barang input, volume produksi (output), ketenagakerjaan, waktu pengiriman dari pemasok, dan inventori.

Pembacaan nilai PMI sendiri bisa dikatakan sederhana. Nilai yang dijadikan acuan pada indeks ini adalah 50%. Contohnya jika nilai PMI Indonesia diatas 50, maka dapat dikatakan bahwa sektor manufaktur indonesia sedang mengalami ekspansi atau pertumbuhan.

"Sedangkan juga sebaliknya, jika nilai PMI Indonesia dibawah 50, maka dapat dikatakan bahwa sektor manufaktur di indonesia sedang mengalami kontraksi atau perlambatan," kata Dila dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Kamis (24/9/2020). (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]