Hanya dalam Hitungan Detik, Website Ini Bisa Deteksi Kebocoran Data


Kamis, 24 September 2020 - 19:47:09 WIB
Hanya dalam Hitungan Detik, Website Ini Bisa Deteksi Kebocoran Data Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Salah satu founder Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto berhasil menciptakan sebuah website yang bisa mendeteksi kebocoran data di internet. Lewat cuitannya di media sosial twitter miliknya, Teguh mengumumkan bahwa website yang diberi nama periksadata.com itu sudah bisa dipakai mulai tanggal 23 September 2020.

Seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (24/9/2020), website didesain sangat simple, sehingga memudahkan orang-orang untuk mengecek kebocoran datanya. Kamu hanya perlu memasukkan email kamu ke dalam mesin pencarian yang ada di dalam website, lalu klik "periksa sekarang". Hanya dalam hitungan waktu beberapa detik saja, website karya Teguh Aprianto ini berhasil mendeteksi kebocoran data kamu.

Tak lama setelah peluncurannya, website periksadata.com mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para netizen twitter. Banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya website ini.

Akhir-akhir ini memang warga net sering dikhawatirkan oleh maraknya kebocoran data. Semakin luasnya akses internet saat ini memang membuat data pribadi kita rentan untuk diretas.

Salah satu tips untuk menghindari pencurian data ini yaitu jangan mudah untuk klik tombol "setuju" pada suatu aplikasi atau website. Alangkah lebih baik jika kita membaca dulu ketentuan apa saja yang akan kita peroleh apabila kita klik tombol "setuju" tadi. 

Selain itu, kamu juga perlu untuk menjaga password kamu agar tetap unik dan kalau bisa diganti secara reguler untuk mengamankan akun. Jangan menggunakan kata-kata umum atau mainstream untuk password kamu. Gunakanlah kombinasi huruf kapital dan kecil serta angka untuk membuat password kamu tetap unik.

Teguh Aprianto juga membagikan tips di website periksadata.com tentang apa saja yang perlu kamu lakukan jika data kamu bocor. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah website karyanya tersebut, karena selain mampu melacak kebocoran data yang hanya dengan memasukkan email, website tersebut juga memberikan solusi kepada warga net tentang apa saja yang harus dilakukan setelah mengetahui datanya bocor.

Bagaimana nih apakah kamu sudah cek kebocoran data kamu lewat website Periksa Data karya anak bangsa yang hebat ini?. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]