Wah..! Di Sumbar Cuma DEK Yayasan Pendidikan Satu-satunya Lolos Proposal Dana POP


Kamis, 24 September 2020 - 20:21:58 WIB
Wah..! Di Sumbar Cuma DEK Yayasan Pendidikan Satu-satunya Lolos Proposal Dana POP Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Yayasan Dedikasi Edukasi Kualiva (DEK) menjadi satu-satunya organisasi pendidikan yang lolos evaluasi proposal Program Organisasi Penggerak (POP) di Sumbar.

Nispu Mabrur, Kepala SMP DEK Ranah yang juga salah seorang penggagas POP dari Organisasi Pendidikan asal Padang mengatakan telah dilakukan proses evaluasi terhadap Ormas yang telah mengajukan proposal.

Proses evaluasi tersebut terdiri atas evaluasi administrasi, evaluasi teknis substantif, evaluasi pembiayaan, dan verifikasi. Evaluasi administrasi dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi, sedangkan evaluasi teknis substantif, evaluasi pembiayaan, dan verifikasi dilakukan oleh Tim Independen.

"Dari hasil evaluasi, 183 proposal yang berasal dari 156 Ormas dinyatakan memenuhi kriteria untuk melaksanakan program peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan menggunakan dana bantuan 20M/tahun. Yayasan DEK satu-satunya yang lolos di Sumbar," katanya.

POP bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan melibatkan peran serta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) bidang pendidikan.

Lebih lanjut kata Nispu, POP menilai inovasi pendidikan itu dilihat melalui ide dan gagasan organisasi yang dituangkan dalam Proposal Program.

"Inovasi program pendidikan janganlah melihat besar atau kecilnya suatu organisasi. Namun melihat ide dan gagasan pembaharuannya untuk Pendidikan yang lebih baik," kata dia.

Menurutnya, SMP DEK Ranah yang menjadi bagian dari POP Yayasan DEK, mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman implementasi Program Digitalisasi Sekolah yang sudah lama diterapkan di SMP DEK.

"Apalagi dengan kondisi pandemi sekarang, digitalisasi sekolah merupakan solusi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selama ini SMP DEK mau ambil andil untuk ikut membantu sekolah-sekolah lain untuk sama-sama menerapkan pembelajaran berbasis digital, namun terkendala dengan dana," jelasnya.

Dengan lolosnya Yayasan DEK menjadi salah satu Organisasi Penggerak pada POP Kemdikbud, Nispu menambahkan sekolah tersebut terbantu dari segi finansial untuk berbagi bersama sekolah lain untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital.

"Dasar terpilihnya adalah program yang selama ini sudah diimplementasikan oleh Yayasan DEK, terutama di SMP DEK yang merupakan instansi Penggerak Digitalisasi Sekolah di Yayasan DEK. Juga Pengembangan Program Peningkatan Karakter, Literasi, dan Numerasi mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Siswa, sampai Orang Tua. Semua tertuang dalam bentuk Proposal yang diajukan ke POP Kemdikbud itu," tegas Nispu kepada Haluan, Kamis (24/9).

Kedepan SMP DEK sebagai bagian penggerak POP Yayasan DEK berharap bisa berbagi dan membantu sekolah-sekolah dalam pengembangan Pembelajaran berbasis Digital melalui Peningkatan Karakter, Literasi, dan Numerasi Kepala Sekolah sampai Guru dalam bentuk Bimbingan Teknis dan Diklat nantinya.

"Setelah Bimbingan Teknis dan Diklat tersebut diharapkan, Kepala Sekolah dan Guru yang menjadi Sasaran Program DEK bisa menjadi Kepala Sekolah dan Guru Penggerak di Instansi dan juga Organisasi profesinya masing-masing seperti MKKS dan Kelompok Kerja Guru (KKG)," ungkapnya menutup.

Hal ini, sambung Nispu agar sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Kemdibud, yaitu melalui program ini nantinya akan lahir Kepala sekolah dan Guru Penggerak lainnya. (*)

loading...
Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Januari 2020 - 14:42:25 WIB

    Wah..! Megawati Dapat Gelar Doktor Kehormatan Kemanusiaan

    Wah..! Megawati Dapat Gelar Doktor Kehormatan Kemanusiaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]