Resesi di Depan Mata seperti 1998, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat


Kamis, 24 September 2020 - 21:41:51 WIB
Resesi di Depan Mata seperti 1998, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat Resesi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia juga tak ingin ketinggalan soal resesi setelah beberapa negara mengalami resesi akibat tak mampu mengontrol kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.  Pada kuartal III-2020 hampir dipastikan pertumbuhannya masih minus seperti kuartal sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Analis MNC Sekuritas M Rudi Setiawan meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang. Dia berharap peristiwa resesi yang pernah terjadi pada 1998 silam tidak terjadi kembali.

"Memang betul harus dikatakan masyarakat untuk tetap tenang. Kalau kita lihat dari yang kejadian-kejadian di 98 memang tercampur dengan isu politik. Namun, sebenarnya itu ujung-ujungnya keterkaitan dengan ekonomi," kata Rudi dalam diskusi secara daring, Kamis (24/9/2020).

Menurut dia, bila seseorang selalu berpikiran terlalu berlebihan, nantinya malah membawa efek negatif bagi lingkungan sekitar.

"Jika kita punya pikiran yang sangat takut sekali dalam menghadapi resesi ini justru akan timbul yang tidak diinginkan. Harap tenang," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memproyeksi semua negara akan mengalami resesi. Sri Mulyani mengatakan pandemi covid-19 memberikan tekanan terhadap ekonomi semua negara. Dampak dari pandemi ini membuat ekonomi di seluruh negara mengalami penurunan.

“Seperti negara Eropa, Italia, Prancis sudah negatif. Jadi kalau kuartal ketiga forecast negatif mereka bisa tiga kuartal berturut-turut negatif. Spanyol, UK, dan juga negara ASEAN di sekitar kita Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand diperkirakan kuartal ketiga masih akan mengalami tekanan kontraksi yang cukup dalam," ujar Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Selasa 22 September 2020.

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 09:40:25 WIB

    Benarkah? Anak Buah Sri Mulyani Akui RI Sudah Resesi di Awal 2020

    Benarkah? Anak Buah Sri Mulyani Akui RI Sudah Resesi di Awal 2020 HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengakui, Indonesia sudah mengalami resesi sejak awal tahun. Hal ini tampak dari perlambatan ekonomi yang sudah terjadi di kuartal I-.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:17:33 WIB

    Bulan Ini Resesi Dimulai Bulan, Jangan Panik!

    Bulan Ini Resesi Dimulai Bulan, Jangan Panik! HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali minus di kuartal III-2020. Angkanya berada di kisaran minus 2,9% sampai minus 1%. Dengan begitu, Indonesia mengalami resesi..
  • Ahad, 27 September 2020 - 21:53:19 WIB

    Bukan Resesi, Ternyata Ini yang Paling Ditakuti Pengusaha

    Bukan Resesi, Ternyata Ini yang Paling Ditakuti Pengusaha HARIANHALUAN.COM - Ekonomi Indonesia di kuartal III 2020 hampir pasti tumbuh minus seperti yang disampaikan Menkeu Sri Mulyani. Artinya, resesi sudah nyata, dan sedang berlangsung saat ini. Ramalan ini juga disampaikan Wakil .
  • Jumat, 25 September 2020 - 20:33:36 WIB

    Ganbatte! Sri Mulyani Mengaku Siap Hadapi Resesi Indonesia

    Ganbatte! Sri Mulyani Mengaku Siap Hadapi Resesi Indonesia HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan siap menghadapi resesi ekonomi yang terjadi di Indonesia..
  • Jumat, 25 September 2020 - 10:13:32 WIB

    Jika RI Benar-benar Resesi, 5 Juta Pengangguran Baru Bakal Lahir

    Jika RI Benar-benar Resesi, 5 Juta Pengangguran Baru Bakal Lahir HARIANHALUAN.COM - Saat Indonesia masuk jurang resesi, diprediksi bakal ada tambahan lima juta pengangguran baru lagi di negara ini. Demikian proyeksi dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]