Uang Curian Dibelikan ke Narkoba, 3 Pelaku di Mentawai Diringkus Polisi


Kamis, 24 September 2020 - 22:45:25 WIB
Uang Curian Dibelikan ke Narkoba,  3 Pelaku di Mentawai Diringkus Polisi Kapolres Mentawai AKBP Mu'at, SH, MM saat Jumpa Pers, Kamis (24/09) di Polres Mentawai.

HARIANHALUAN.COM - Polsek Siberut, Kecamatan Siberut Selatan berhasil mengungkap dua kasus sekaligus dengan pelaku yang sama, yaitu kasus pencurian uang dan peredaran narkoba golongan 1 jenis ganja kering wilayah hukum polsek setempat.

Kejadian tersebut berawal adanya laporan warga yang mengalami kasus pencurian di salah warung milik korban di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, setelah mendapatkan laporan pihak Polsek pun langsung melakukan aksi penyelidikan.

"Pada hari jumat 11 September, terjadi peristiwa pencurian yaitu kehilangan tas berisi uang Rp11 juta dan terletak di meja kasir warung milik korban di desa Maileppet Siberut Selatan, setelah dilaporkan, hari sabtu tim Polsek langsung bergerak," terang Kapolres Mentawai AKBP Mu'at, SH, MM saat Jumpa Pers, Kamis (24/09) di Polres Mentawai.

Sementara itu Kapolsek Muara Siberut Iptu Ronnal menyebutkan bahwa dalam penyelidikan pihak polsek mencurigai salah seorang pria AR yang merupakan residivis dengan kasus pencurian motor tahun 2019 lalu.

Saat itu Selasa, 15 September 2020, AR turun Kapal Mentawai Fast dari Padang dan langsung ditangkap di Pelabuhan Maileppet.

"Jadi dari kasus tersebut kami mencurigai salah seorang pelaku dengan inisial AR yang pernah terlibat kasus curanmor tahun 2019 dan dipulangkan oleh lapas karena adanya Covid-19, Selasa 15 September kami dari Polsek bersama anggota Reskrim dan jajaran, melakukan pemantauan saat kedatangan kapal Mentawai Fast pada pukul 13.30 WIB," terangnya.

Ia menyebutkan awal penakapan pihaknya tidak mendapatkan barang bukti yang menguatkan tersangka dijerat pidana pencurian, namun tim gabungan Polsek mendapatkan petunjuk lain, setelah hp tersangka berdering, kemudian diangkat oleh tim dan mengaktifkan mode speaker, ternyata ada barang yang dititipkan bersama tersangka.

"Saat kita interogasi memang tidak ada bukti hasil pencurian, tetapi kita mengungkap kasus narkoba, dari pengakuan AR kita dapatkan 1 paket ganja kering ukuran sedang, ditangan rekannya dengan inisial E seorang pelajar tetapi sudah dewasa, kita interogasi lagi E dan kita ungkapkan lagi satu paket ganja kering ukuran besar ditangan AAD yang juga rekan pelaku, dua paket tersebut diperkirakan mencapai 1,5 Kg," paparnya.

Melihat jumlah barang bukti tersebut kata Kapolres Mentawai itu, kuat dugaan bahwa barang tersebut bakal diedarkan di sekitar Siberut. Kasus tersebut terus akan dikembangkan oleh pihak kepolisian di Mentawai untuk membasmi peredaran barang haram tersebut.

"Kita masih akan terus mengembangkan mendalami kasus ini, kemungkinan adanya potensi-potensi penyalahgunaan narkoba yang lebih besar, kalau kita berhasil mengungkap lagi, akan kita sampaikan," terang Mu'at yang didampingi Wakapolres dan Kasat Narkoba Polres Mentawai. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]