4 Konglomerat RI Masuk Jajaran Orang Terkaya Sedunia


Jumat, 25 September 2020 - 07:43:36 WIB
4 Konglomerat RI Masuk Jajaran Orang Terkaya Sedunia 4 Konglomerat RI Masuk Jajaran Orang Terkaya Sedunia

HARIANHALUAN.COM - Bloomberg Billionaire Index merilis daftar 500 orang terkaya dunia, Jumat (25/9/2020). Di antara nama tersebut setidaknya ada 4 orang Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Para konglomerat RI ini bertahan di kursi orang terkaya Tanah Air selama bertahun-tahun. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut paparannya:

Budi Hartono

Adik dari Michael Hartono ini berhasil menduduki daftar orang terkaya nomor satu di Indonesia, dan urutan ke-141 dari daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg.

Pemilik nama lengkap Robert Budi Hartono ini mempunyai kekayaan bersih hingga US$ 12,7 miliar atau sekitar Rp 190,2 triliun. Ia merupakan pemilik PT Djarum atau Djarum Group.

Michael Hartono

Posisi orang terkaya kedua di Indonesia versi Bloomberg diduduki oleh Michael Bambang Hartono. Dia berada di urutan ke-150 dalam daftar orang terkaya tersebut. Kekayaannya mencapai US$ 11,8 miliar atau sekitar Rp 176,7 triliun.

Tidak hanya memiliki Djarum Group dan saham terbesar BCA, Michael bersama sang adik Budi Hartono juga merambah sektor lainnya seperti peralatan elektronik, properti, perkebunan, hingga teknologi informasi dan game online yang menambah kekayaannya.

Tan Siok Tjien

Berada di posisi orang terkaya ke-3 di Indonesia, dan ke-359 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg, kekayaan terbesar Tan Siok Tjien berasal dari industri rokok. Ia mengendalikan PT Gudang Garam Tbk, produsen rokok yang menguasai sekitar seperlima pasar hasil tembakau di Indonesia.

Tan Siok Tjien adalah satu-satunya wanita Indonesia yang masuk dalam daftar 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaire Index. Kekayaan bersih Tan Siok Tjien mencapai US$ 5,91 miliar atau sekitar Rp 88,56 triliun.

Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah pria keturunan India yang merupakan pemilik perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation.

Kekayaan bersihnya mencapai US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 82,4 triliun. Ia menduduki posisi orang terkaya ke-4 di Indonesia, dan ke-401 di dunia. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]