Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis


Jumat, 25 September 2020 - 13:26:51 WIB
Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis Inspektur Hendra Aswara bersama rombongan Inspektorat Bengkalis di Kantor Bupati, Parit Malintang.

HARIANHALUAN.COM - Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Seminggu sebelumnya, juga ada kunjungan dari Inspektorat Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Adapun rombongan dari Bengkalis terdiri dari Inspektorat Kabupaten Bengkalis dan Kejaksaan Negeri Bengkalis. 

Maksud studi tiru untuk sharing informasi dalam pelaksaaan asistensi dan pendampingan kegiatan Pemerintah Daerah. "Pertama-tama, kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Padang Pariaman. Titip salam dari Bapak Bupati karena beliau sangat berkeinginan hadir, namun agenda yang tidak bisa ditinggalkan. Pertemuan ini kita jadikan ajang silaturahim, menambah saudara dan saling berbagi informasi dan inovasi" kata Inspektur Hendra mengawali pertemuan di Aula Inspektorat, Parit Malintang, Jumat (25/9/2020).

Hendra Aswara menyampaikan apresiasi dipilihnya Kabupaten Padang Pariaman sebagai ajang berbagi informasi dan saling replika inovasi. Disampaikan juga Padangpariaman terdiri dari 17 kecamatan, 103 nagari, 23 OPD dan dua BUMD. Mantan Kabag Humas itu memaparkan kinerja inspektorat dalam pelaksanaan audit, pendampingan masa penanganan Covid-19, tindak lanjut rencana aksi KPK dan Inovasi sepanjang tahun 2020 serta pendampingan dari kejaksaaan terhadap pembangunan strategis daerah. 

“Bapak Bupati telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan kejaksaaan negeri untuk penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara,” ujar jebolan STPDN Angkatan XI itu. 

Pendampingan kegiatan oleh Kejaksaan, kata Hendra, merupakan pembangunan jembatan sikabu/kayu gadang Kecamatam Lubuk Alung. Pembangunan jembatan sebesar 25 Milyar melalui dana hibah BNPB. “Bapak Kajari bersama Kasi Datun, Kasi Intel sudah meninjau jembatan bersama kami. Kemudian menyarakan agar pekerjaan tepat mutu, waktu, administrasi dan keuangan,” kata Mantan Kadis Perizinan itu. 

Untuk inovasi, kata Hendra, ada tiga inovasi telah diimplementasikan. Yaitu Klinik Konsultasi, Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat (INI KAWAN), Tanda Tanda Elektronik dan Whistle Blowing System (WBS). Adapun prestasi yang diraih, tambah Hendra, Kabupaten Padang Pariaman meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketujuh dari BPK RI dan Penyampaian LHKPN tercepat ke KPK RI untuk tingkat Sumbar.

Sementara, Inspektur Pembantu III Bengkalis, Maula Afrizal mengatakan kunjungan studi tiru untuk menyambung tali silaturahim dan bertukar informasi mengenai inovasi dalam pelaksanaan tugas. Selanjutnya pertukaran cendramata sekaligus promosi daerah yaitu Ikan Terubuk, ikon Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya, mengunjungi Masjid Raya Padang Pariaman. (*)

loading...
Reporter : Chairul /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 November 2016 - 23:41:58 WIB

    Wartawan Sawahlunto Studi Komparatif ke Yogyakarta

    Wartawan Sawahlunto Studi Komparatif ke Yogyakarta YOGYAKARTA, HALUAN — Rombongan wartawan ber­bagai media massa cetak dan elektronik yang bertugas di Kota Sawahlunto, berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, 13-16 November 2016, mela­kukan studi komparatif yang menitik.
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:36:11 WIB

    Kelompok Yasinan Sinapa Piliang Lakukan Studi Banding

    Solok, Haluan — Kelompok wirid yasinan Kulurahan Sinapa Piliang, Ke­camatan Lubuk Sikarah, Kota Solok mela­kukan dharmawisata dan studi banding ke Kota Bukittinggi, Payakumbuh dan Me­ninjau, Agam. Kegiatan dilaksanakan s.
  • Senin, 23 Mei 2016 - 03:01:47 WIB

    Eselon IV Provinsi Babel Studi Banding

    Eselon IV Provinsi Babel Studi Banding PADANG PANJANG, HALUAN — Seba­nyak 40 peserta Diklat PIM Tingkat IV Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melakukan studi banding ke Kota Padang Panjang, Selasa (18/5). Rombongan yang terdiri dari pejabat eselon IV t.
  • Kamis, 07 April 2016 - 02:40:03 WIB

    Dua Keltan Agam Studi Banding ke Patamuan

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Dua ke­lom­pok tani dari Nagari Matua, Kecamatan Matur, Kabu­paten Agam melakukan studi banding ke petani pepaya di Nagari Sungai Durian, Kecamatan Pata­muan, Kabupaten Padang Pariaman, Selas.
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:18:06 WIB

    Santri PMT Hamka Studi Banding ke Jakarta

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Se­banyak 20 orang santri Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. DR. Hamka, Pasa Usang, Kecamatan Batang Anai, Ka­bupaten Padang Pariaman melakukan studi banding ke Pondok Pesantren Darunnajah, Ja.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]