Siapkan Diri Anda! Desember atau Januari Penyuntikan Vaksin Corona Dimulai


Jumat, 25 September 2020 - 18:01:51 WIB
Siapkan Diri Anda! Desember atau Januari Penyuntikan Vaksin Corona Dimulai Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan kabar gembira terkait pelaksanaan vaksin COVID-19 di Indonesia. Dia bilang Desember 2020 atau awal Januari 2021 masyarakat Indonesia sudah bisa divaksin.

"Nanti disiapkan di bulan Desember atau awal Januari Indonesia sudah bisa memulai vaksinasi," kata Airlangga dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020).

Saat ini pemerintah sedang menyiapkan aturan berupa peraturan presiden (Perpres) untuk pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi. Melalui aturan ini, pemerintah akan mengatur proses pengadaan, pembelian dan distribusi vaksin, termasuk mengatur pelaksanaan dan pemberian imunisasi.

"Ini sedang dipersiapkan Perpres pengadaan vaksin dan juga terkait dengan masterplan roadmap untuk vaksinasi," ucapnya.

Hal itu menyusul sudah banyaknya vaksin yang masuk tahapan uji klinis. Bahkan, Airlangga menyebut Indonesia salah satu negara yang sudah menyiapkan vaksin mendekati jumlah penduduk yang sebanyak 270 juta.

"Indonesia adalah salah satu negara yang sudah menyiapkan (vaksin) mendekati ke jumlah penduduk atau 270 juta vaksin," tuturnya.

Namun seperti diberitakan sebelumnya, kemungkinan untuk tahap awal vaksin yang baru bisa dinikmati sekitar 30 juta. Berbagai produk vaksin yang sudah dikerjasamakan ini sebagai upaya pemerintah menghentikan laju penyebaran COVID-19, serta dampaknya terhadap berbagai sektor khususnya pariwisata.

"Dilihat secara detail sektor yang paling terpukul pertama adalah pariwisata, yang turunannya adalah akomodasi, maupun perhubungan, sektor ritel," ucapnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 10:37:17 WIB

    Ribuan Kamar Hotel Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

    Ribuan Kamar Hotel Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Kementerian Kesehatan terus memastikan kesiapan hotel dan perangkat lainnya guna mem.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 17:34:45 WIB

    Airlangga Sebut Indonesia Siapkan 30 Juta Vaksin Tahun Ini

    Airlangga Sebut Indonesia Siapkan 30 Juta Vaksin Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Pemerintah meyakini masyarakat, pihaknya akan menyiapkan 30 juta vaksin di tahun ini. Jika tidak aral melintang, masyarakat akan mulai melakukan vaksinasi pada kuartal IV-2020 atau tepatnya pada November 20.
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 16:16:13 WIB

    Buruh Mau Gugat UU Cipta Kerja ke MK, Pemerintah: Kami akan Siapkan Pengacara Terbaik

    Buruh Mau Gugat UU Cipta Kerja ke MK, Pemerintah: Kami akan Siapkan Pengacara Terbaik HARIANHALUAN.COM - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menempuh jalur hukum melalui Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menolak Omnibus Law Cipta Kerja. Pihak Istana menyambut baik langkah tersebut dan menyatakan sia.
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:29:56 WIB

    Waw! Lawan Nikita Mirzani, Pendukung Puan Maharani Siapkan 100 Pengacara

    Waw! Lawan Nikita Mirzani, Pendukung Puan Maharani Siapkan 100 Pengacara HARIANHALUAN.COM - Sindiran artis sensasional Nikita Mirzani yang ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani terkait Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja berbuntut panjang. Gema Puan Maharani Nusanta.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:43:12 WIB

    Dua Puskesmas Ini Disiapkan untuk Simulasi Vaksin Corona

    Dua Puskesmas Ini Disiapkan untuk Simulasi Vaksin Corona HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sedang menggodok persiapan dan simulasi pengadaan vaksin virus corona (Covid-19) di tanah air. Nantinya, kebutuhan vaksinasi ini ditargetkan untuk 352 juta dosis vaksin yang bakal dibagikan kepad.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]