Berkat JKN-KIS, Jumariah Tak Kesulitan Lagi Biaya Berobat Hipertensi dan Ginjal Kronis


Jumat, 25 September 2020 - 18:19:39 WIB
Berkat JKN-KIS, Jumariah Tak Kesulitan Lagi Biaya Berobat Hipertensi dan Ginjal Kronis Salah seorang peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Jumariah (37), penderita hipertensi dan ginjal kronis.

HARIANHALUAN.COM - Menjadi salah seorang peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), seakan menambah kekuatan bagi seorang Jumariah (37), pasien hipertensi dan ginjal kronis yang harus rutin menjalani rangkaian perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Tak kurang kurun waktu enam tahun belakangan ini, puluhan juta rupiah dana yang seharusnya ia keluarkan untuk biaya pengobatan bisa ia hemat dan bebas dari kepanikan akan kebutuhan dana untuk mendapatkan layanan kesehatan yang prima seperti ribuan bahkan jutaan peserta JKN-KIS lainnya di Indonesia.

"Sebelum saya mengikuti program ini, setidaknya saya harus menyiapkan dana minimal Rp1 juta untuk satu kali perawatan, sementara saya harus menjalaninya sebanyak delapan kali dalam sebulan," ungkap Jumariah saat ditemui di salah satu ruangan perawatan di RSUD tersebut, Jumat (25/09).

Menurutnya, jika dibandingkan dengan kondisi ekonominya saat ini maka dana tersebut nyaris tidak mungkin ia peroleh dan program JKN-KIS menjadi satu-satunya harapan baginya dan keluarga untuk tetap bisa melanjutkan tahap pengobatan penyakit yang ia derita.

Dari pengakuannya, selain mendapatkan layanan perawatan yang berkualitas, ia pun merasa dalam pengurusannya cukup mudah dan jauh dari praktik birokrasi yang berbelit-belit.

"Saya ingat waktu pertama kali disarankan mengikuti program JKN-KIS waktu itu, ketika saya sudah harus mendapatkan perawatan intensif, pihak rumah sakit tidak menunda tindakan yang harus saya dapatkan dan langsung memberikan pertolongan kepada saya," kisahnya.

Kemudian, lanjutnya, ketika pihak keluarganya menyampaikan keluhan tentang kesulitan biaya, pihak rumah sakit pun menyarankan saya jadi peserta JKN-KIS dan pihaknya pun menyetujui meskipun waktu itu ia tidak menyangka akan mendapatkan pertanggungan biaya hingga sebanyak itu.

"Waktu itu saya hanya berpikir bisa mendapatkan pelayanan sekali itu saja dengan gratis rasanya sudah luar biasa, ternyata pada tahapan berikutnya layanan gratis tetap saya dapatkan dan pengurusannya mudah dengan persyaratan yang tidak memberatkan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah yang telah berhasil meringankan beban rakyatnya melalui program JKN-KIS dan layanan kesehatan yang berkualitas.

"Sulit untuk dikiaskan dengan kata-kata, andai saya tidak dibantu dengan program ini mungkin kondisi saya bisa memburuk dan sulit untuk bertahan hidup, Alhamdulillah saat ini kondisi kesehatan saya nyaris pulih meskipun tetap harus menjalani perawatan berkala dengan gratis," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Medik, dr. Ridia, didampingi kepala ruangan perawatan, Lel Fitri, Amd. S.Kep, mengatakan dalam membantu pasien peserta JKN-KIS di RSUD Sungai Dareh, pihaknya menerapkan prosedur administrasi yang mudah agar pasien tidak perlu mengantre di loket pendaftaran.

"Disamping melakukan tindakan medis secara tepat dan berkualitas, kami juga berusaha menjaga kondisi psikis pasien dengan memberlakukan pelayanan yang sama serta memberikan kemudahan dalam mengurus administrasi pasien yang dibutuhkan oleh pihak rumah sakit," jelasnya.

Menurutnya, yang membedakan itu hanya fasilitas bangsal yang sesuai kelas yang dipilih pada saat mendaftar sebagai peserta BPJS untuk layanan rawat inap. "Bisa dikatakan penambahan biaya bagi pasien hanya terjadi pada kebutuhan pribadinya saja yang ingin mendapatkan asupan makanan atau gizi sesuai selera masing-masing pasien itu sendiri," tutupnya.(*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]