Bupati/Walikota Cuti untuk Pilkada Sumbar 2020, 8 Daerah Ini Dipimpin Pjs


Jumat, 25 September 2020 - 18:57:25 WIB
Bupati/Walikota Cuti untuk Pilkada Sumbar 2020, 8 Daerah Ini Dipimpin Pjs Iqbal

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumbar tengah menyiapkan Pejabat Sementara (Pjs) saat petahana mengambil cuti kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sehingga roda pemerintahan bisa terus berjalan meskipun daerahnya menggelar pilkada.

Di Sumbar ada 13 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada. Dari 13 daerah itu, ada petahana di 8 daerah yang maju kembali dalam alek demokrasi lima tahunan dan diisi Pjs.

Daerah tersebut, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan, dan Kota Solok.

Di Pessel ada Hendrajoni, Pasbar ada Yulianto, Bukittinggi ada Ramlan Nurmatias, Tanah Datar ada Zuldafri Darma, Padang Pariaman ada Ali Mukhni, Agam ada Indra Catri, Solsel ada Abdul Rahman, Kota Solok ada Zul Efian.

Kepala Biro Pemprov Sumbar, Iqbal Rama Dipayana mengatakan, dari 13 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada, ada 8 daerah yang akan diisi oleh Pejabat Sementara.

"Ada 13 daerah yang ikut Pilkada tahun ini, ditambah satu di provinsi jadi ada 14. Dari jumlah tersebut ada kepala daerahnya yang ikut, ada juga wakilnya ikut Pilkada," sebut Iqbal.

Iqbal menyebutkan, 8 daerah itu adalah Kota Bukittinggi, Solok, Kabupaten Solok, Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

"Setiap daerah gubernur mengusulkan tiga pejabat tinggi pratama ke Kemendagri, sampai saat ini masih menunggu SK Mendagri," ujar Iqbal kepada Harianhaluan.com, Jumat (25/9/2020).

Saat ditanya rincian nama Pjs yang diusulkan gubernur ke Kemendagri, Iqbal enggan merinci lebih detail. Dia hanya menjawab  ada 24 orang pejabat tinggi pratama provinsi yang diusulkan.

"Masa kerja Pjs dimulai dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020. Pjs akan memimpin daerah tersebut selama masa kampanye, setelah kepala daerah mengajukan cuti," ucap Iqbal. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]