Gibran Andalkan Bantuan Jokowi untuk Pulihkan Perekonomian Solo


Jumat, 25 September 2020 - 20:24:42 WIB
Gibran Andalkan Bantuan Jokowi untuk Pulihkan Perekonomian Solo Presiden Joko Widodo dan putranya Gibran Rakabuming Raka

HARIANHALUAN.COM - Pasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa akan mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat untuk memulihkan perekonomian Kota Solo pascapandemi Covid-19 jika terpilih di Pilkada Serentak 2020.

Dalam dokumen visi-misi, putra Presiden Joko Widodo itu menyebut pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan pendapatan masyarakat hingga berkurangnya pajak daerah. Pemanfaatan stimulus ekonomi dari pemerintah pusat jadi salah satu cara mereka mengatasinya.

"Memanfaatkan stimulus ekonomi dari pemerintah pusat melalui instrumen Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mempercepat ekonomi daerah," kata Gibran-Teguh seperti tertuang dalam dokumen visi-misi.

Diketahui, Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk menangani corona yang salah satunya mengatur bantuan sosial dan dana untuk pelaku UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyatakan realisasi penyaluran bantuan untuk pelaku usaha UMKM baru sebesar Rp13,4 triliun. Ini artinya, dana yang tersalur baru sekitar 60,9 persen dari dana yang disiapkan sebesar Rp22 triliun.

"Bantuan presiden (banpres) produktif diberikan ke 5,5 juta dengan total penyaluran Rp13,4 triliun," ungkap Airlangga dalam acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom yang ditayangkan langsung CNBC Indonesia, Selasa (15/9).

Secara keseluruhan, Airlangga menjelaskan pemerintah akan memberikan bantuan untuk 12 juta UMKM. Adapun dana yang dialokasikan mencapai Rp28 triliun.

Dalam dokumen tersebut, Gibran-Teguh menawarkan empat program besar terkait Covid-19. Sebagian besar berkaitan dengan pemulihan ekonomi pascapandemi.

Pemanfaatan stimulus ekonomi dari pemerintah pusat masuk dalam program "Pendapatan Daerah dan Pembiayaan Pembangunan". Dalam program itu, Gibran-Teguh juga berjanji mengevaluasi sumber pajak dan retribusi, revitalisasi BUMD, pengembangan dan peningkatan investasi, serta peningkatan efektivitas penganggaran dan penyusunan program.

Tiga program besar lainnya bertajuk "Bangkit Melawan Covid-19", "Pariwisata dan Industri Kreatif", dan "Investasi Kebudayaan". Hanya satu strategi Gibran-Teguh menangani pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan kesehatan.

"Mengoptimalkan peran kantor kelurahan dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), bekerja sama dengan RT/RW membentuk Kampung Siaga Covid-19 untuk kewaspadaan dan pencegahan Covid-19," tulis Gibran-Teguh dalam rincian program "Bangkit Melawan Covid-19".

Dalam Pilkada Kota Solo, Gibran-Teguh akan berhadapan dengan paslon dari jalur perseorangan Bagyo Wahyono-FC Supardjo (BaJo). Merela akan bertarung memperebutkan kurang lebih 419.287 suara.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]