Ternyata Ini, Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas


Sabtu, 26 September 2020 - 07:11:15 WIB
Ternyata Ini, Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Dicas Ilustrasi perbaiki hp.

HARIANHALUAN.COM - Pernahkah kalian mengalami kejadian HP tidak bisa dicas alias diisi ulang padahal baterai sudah hampir habis atau bahkan sudah habis?.

Tentunya kejadian seperti itu akan sangat merepotkan bilamana terjadi di saat kita sedang menghadapi situasi genting, seperti deadline kerjaan, ujian online, atau pun saat di tengah pertandingan game yang penting.

Nah, HP tidak bisa dicas sendiri ada beragam penyebabnya, seperti perangkat yang memang menolak untuk dicas, kabel yang sudah rusak, lubang cas yang bermasalah, baterai bocor, atau mungkin HP bisa dicas tapi sangat lambat masuknya.

Karena penyebabnya beragam, tentu cara mengatasinya pun beragam. Berikut ini Teknologi.id (Haluan Media Group), rangkum 7 cara mengatasi HP tidak bisa dicas dengan mudah.

1. Restart HP

Sering kali masalah HP tidak bisa dicas hanya terjadi sementara. Untuk mengatasinya, restart atau mematikan dan menyalakan HP kembali adalah langkah pertama yang harus kamu coba. Sederhana bukan? Walaupun begitu banyak orang yang kerap melupakan langkah ini.

Ketika HP dinonaktifkan, semua aplikasi yang berjalan sebagai background akan mati. Jadi apa pun yang menyebabkan masalah di HP secara otomatis akan hilang. Namun jika HP kalian masih belum bisa dicas lagi setelah dinyalakan, coba ikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Bersihkan lubang cas

Bisa jadi masalah bersumber dari lubang port yang ada di  HP kalian. Seringkali plat logam yang ada di dalam port dan charger tidak melakukan kontak yang baik. Ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan oleh debu.

Solusi termudah dan tercepat untuk hal ini adalah dengan membersihkannya secara manual. Untuk melakukannya, matikan HP dan keluarkan baterai jika memungkinkan.

Kemudian gunakan tusuk gigi atau semacamnya untuk membersihkan debu. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak lempengan. Setelah itu coba nyalakan HP dan dicas seperti biasa.

3. Ganti kabel

Jika HP masih tidak mau dicas, masalah bisa jadi berasal dari kabel charger yang kalian gunakan. Entah karena ada komponen yang putus, korslet, atau karena kabel yang kamu gunakan tidak original.

Untuk mengatasinya coba ganti ke kabel lain, terutama yang memang bawaan dari HP saat kamu membelinya. Bila perlu, belilah kabel baru yang berkualitas bagus.

4. Ganti adapter

Jika nampaknya kabel charger tidak bermasalah, cobalah untuk memeriksa adapter. Alat tersebut sering kali menjadi longgar akibat terlalu lama dipakai. Kamu juga bisa mengetes kombinasi kabel dan adapter lain. Siapa tahu yang kamu gunakan sekarang sudah tidak cocok lagi.

Ganti adapter dengan adapter original bawaan HP saat kalian membelinya, atau bila perlu beli adapter baru dengan kualitas terbaik atau setara dengan adapter bawaan HP.

5. Ganti baterai

Bila kabel dan adapter charger masih berfungsi normal (kalian bisa mengetesnya dengan menggunakannya di perangkat lain), ada kemungkinan baterai HP-lah yang menjadi masalahnya.

Hal ini sering terjadi bila baterai yang kalian gunakan bukanlah baterai original bawaan HP, atau memang karena usia pemakaian baterai sudah terlalu lama sehingga menyebabkan baterai rusak hingga tidak bisa diisi ulang.

Solusinya? Tentu saja membeli baterai baru. Usahakan membeli baterai baru original sesuai tipe HP kalian agar pemakaiannya pun bisa awet dan tahan lama.

6. Update OS

Sudah berapa lama sejak kamu memperbarui sistem operasi handphone-mu? Permintaan update yang terus diabaikan bisa memengaruhi kinerja charging.

Coba periksa apakah ada versi OS terbaru yang perlu diinstal. Kalian harus membuka Settings > About Phone atau System Updates.

7.  Bawa ke Service Center

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan bila cara-cara di atas masih belum bisa membantu memecahkan permasalahan HP tidak bisa dicas, adalah dengan membawanya ke service center resmi vendor HP kalian.

Kelebihan cara ini adalah kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan (bila masa garansi masih berlaku) dan hasil perbaikan perangkat pun terjamin karena dikerjakan oleh tenaga profesional dengan spare part resmi dari vendor. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]