OJK Tutup 50 Pegadaian Bodong di September 2020


Sabtu, 26 September 2020 - 15:55:08 WIB
OJK Tutup 50 Pegadaian Bodong di September 2020 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Satgas Waspada Investasi (SWI) masih menemukan banyak usaha pegadaian atau arisan gadai yang tidak memiliki ijin dari Otorits Jasa Keuangan (OJK). Pada bulan September ini, ada sebanyak 50 usaha gadai ilegal yang ditemukan oleh SWI.
Ketua SWI Tongam Lumban Tobing mengatakan, semua usaha gadai tersebut telah ditutup karena tidak sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian (POJK).

"Dalam ketentuan POJK tersebut seluruh kegiatan usaha pergadaian swasta diwajibkan untuk mendaftarkan diri kepada Otoritas Jasa Keuangan dalam tenggat batas waktu 2 tahun sejak POJK tersebut terbit yaitu batas akhir Juli tahun 2019," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/9/2020).

Sebelumnya pada tahun 2019, Satgas Waspada Investasi telah mengumumkan 68 entitas gadai ilegal sehingga total sejak tahun 2019 s.d. Agustus 2020 menjadi 143 entitas gadai ilegal.

Ia melihat tidak menutup kemungkinan akan banyak lagi entitas gadai ilegal yang akan ditemukan oleh Satgas Waspada Investasi melalui pengaduan masyarakat.

"Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat untuk tidak bertransaksi dengan usaha gadai swasta yang ilegal dan jika ingin melakukan transaksi dengan kegiatan usaha gadai agar dapat menggunakan usaha gadai yang terdaftar di OJK," kata dia. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 09:19:03 WIB

    Kebijakan OJK Tumbuhkan Sentimen Positif Pasar Modal

    Kebijakan OJK Tumbuhkan Sentimen Positif Pasar Modal HARIANHALUAN.COM – Perkembangan riil pasar saham di Sumbar sepanjang tahun 2020 terus bertumbuh di tengah wabah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Pertumbuhan tersebut didorong oleh pengawasan dan kebijakan Otoritas J.
  • Senin, 06 April 2020 - 01:06:27 WIB

    Hore! OJK Bolehkan Debitur Terdampak Corona Tunda Cicilan KPR

    Hore! OJK Bolehkan Debitur Terdampak Corona Tunda Cicilan KPR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan keringanan bagi debitur yang ekonominya terdampak pandemi Corona dengan menunda kewajiban membayar Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  .
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 20:31:48 WIB

    OJK Terbitkan Peraturan Konsolidasi Bank Umum

    OJK Terbitkan Peraturan Konsolidasi Bank Umum JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan peraturan tentang konsolidasi bank umum. Peraturan OJK (POJK) nomor 12/POJK.03/2020 ini sebagai upaya mendorong terciptanya struktur perbankan yang kuat, m.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 23:35:32 WIB

    Alirman Sori Dorong OJK Tingkatkan Program Edukasi untuk UMKM

    Alirman Sori Dorong OJK Tingkatkan Program Edukasi untuk UMKM PADANG,HARIANHALUAN.COM- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr. H. Alirman Sori mengapresiasi kinerja penyaluran kredit untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat. Penyaluran kredit untuk UMKM juga te.
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 22:11:04 WIB

    Misran Pasaribu Nakhoda Baru OJK Sumbar

    Misran Pasaribu Nakhoda Baru OJK Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida melantik Kepala Kantor OJK Sumbar, Misran Pasaribu, bertempat di Auditorium Gubernuran, Kamis (23/1/2020). Pelantikan dan Serah .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]