Pengusaha Minang Yendra Fahmi Sumbang Rp3 M untuk Surau Sydney


Ahad, 27 September 2020 - 17:06:58 WIB
Pengusaha Minang Yendra Fahmi Sumbang Rp3 M untuk Surau Sydney Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM – Seorang pengusaha Minang H. Yendra Fahmi (49) menyumbangkan sadaqah atas nama ibundanya Hj. Yuliana (Almh.) senilai Rp3 miliar (300.000 dolar Australia) untuk melunasi pembelian properti yang akan dijadikan Surau Sydney Australia (SSA). Komitmen sumbangan pengusaha dermawan asal Sulit Air ini dinyatakan dalam acara zoom meeting dengan pengurus Minang Saiyo Sydney (MSS), Pengurus SSA, dan tokoh-tokoh Dispora Minal Global Network  (MDGN), Sabtu (26/9) kemarin.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com dari Tim 9 SSA, Nirwan Kamaruddin dan Hasril Chaniago, Minggu (27/9/2020), bahwa komitmen H. Yendra Fahmi untuk menutup kekurangan dana pendirian Surau Sydney Australia itu langsung disambut takbir serentak peserta zoom meeting yang berjumlah sekitar 20 orang. Mereka antara lain Prof. Jurnalis Uddin (Penasehat MDGN), Zarkasih Nurdin (Sekjen Gebu Minang),  Burmalis Ilyas (Direktur bEksekutif MDGN), Ketua MSS Yusuf Rizal, Ketua SSA Novri Latif, Wakil Ketua SSA Ali Askar,  anggota DPD RI dapil Sumbar Alirman Sori, Yendra Fahmi, Ketua Masyarakat Minang Sydney Yusuf Rizal, sesepuh Minang Saiyo Sydney An Syarif dan Budiman Djamaan,  Koordinator Fund Rising SSA Nirwan Kamaruddin, anggota Tim Promosi SSA Hasril Chaniago, Ustaz Ed Fauzan, serta tentu saja H. Yendra Fahmi sendiri.

Menurut Yusuf Rizal, usaha masyarakat Minang di Australia untuk mendirikan sebuah masjid (surau) sudah berlangsung sejak tahun 2015 untuk memenuhi kebutuhan bagi sekitar 1.000 KK perantau asal Minang  yang tinggal di Sydney dan warga Muslim asal Indonesia lainnya di kota itu. Inisiatif ini dimulai dengan mengumpulkan sumbangan dari warga Minang yang tergabung dalam Minang Saiyo sendiri, sehingga pada saat diadakan Forum Minang Diaspora Global Network & Festival Minangkabau di Melbourne, September 2018, sudah terkumpul donasi sekitar 300.000 dolar Australia. Dalam forum tersebut juga diadakan sosialisasi pengumpulan dana bagi wujudnya keinginan mulia tersebut.

Upaya fund rising dilanjutkan dengan meminta dukungan tokoh pengusaha Sandiaga Uno oleh pengurus SSA dan MDGN. Bulan Januari 2020 diadakan suatu pertemuan di Jakarta dengan Sandi, dihadiri antara lain Porf. Jurnalis Udin, Prof. Fasli Djalal, Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno, Busmalis Ilyas, Hasril Chaniago, dan Dr. Henmaidi Alfian, di samping Nirwan Kamaruddin sendiri sebagai utusan Pengurus SAA dari Australia. Waktu itu juga hadir Ustad Bobby dan Ustad Agus Irianto, kemudian ikut pula bersama Ustad Abdul Somatd (UAS) mempromosikan pendirian SSA.

Setelah pertemuan dengan Sandiaga Uno, dirancang acara fund rising di Australia bulan April 2020 yang akan langsung dihadiri Sandiaga. Tapi pademi Covid-19 telah menyebabkan rencana aksi tersebut tertunda. Namun demikian, pembelian properti yang akan diubah menjadi surau sudah terlaksana bulan Juli lalu, dengan perjanjian serahterima dilakukan bulan Desember depan, dengan harga 1,5 juta dolar Australia atau lebih kurang Rp15,5 miliar.

Bagi pembelian properti yang sudah diperjanjikan, SSA berhasil memperoleh pinjaman dana dari bank sebanyak  700 ribu dolar Australia (Rp7 miliar), sedangkan yang lk. Rp8 miliar lagi harus diusahakan oleh SSA sendiri. Pengumpulan dana tetap berjalan, termasuk melalui sejumlah ustad di atas. Sehingga per 20 September 2020 sudah terkumpul dana masyarakat sdejumlah Rp5,7 miliar lebih. Jadi masih ada kekurangan sekitar Rp2,3 miliar lagi.

Alhamdulillah, melalui pesan WA saja – tanpa proposal dan surat dari SSA – ternyata masalah yang dihadapi pengurus SSA langsung direspon oleh H. Yendra Fahmi untuk memenuhi kebutuhan dana yang harus ditutup bulan Desember depan. Pernyataan dan komitmen dari pengusaha tambang dan otomotif ini pun dinyatakan secara langsung dalam zoom meeting dengan pengurus Minang Saiyo, SSA dan tokoh-tokoh MDGN di Jakarta.

Pernyataan sumbangan dari H. Yendra Fahmi ini langsung disambut takbir oleh seluruh peserta. Karena sumbangan H. Yendra Fahmi diniatkan sebagai sadaqah atas nama Almh. Ibundanya, Hj. Yuliana, maka seluruh pengurus Minang Saiyo dan SSA pun menyatakan harapan kepada H. Yendra Fahmi untuk menggunakan nama Sang Ibunda sebagai nama Surau Sydney Australia yang insya Allah akan segera wujud akhir tahun ini.

H. Yendra Fahmi, lahir di Pekanbaru23 Januari 1971  dari ibu Hj. Yuliana yang berasal dari Sulit Air (Solok), dan ayah H. Nafli Munaf yang berasal dari Sianok (Agam). Dia merupakan anak keenam dari delapan bersaudara. Kakaknya Yan Ikhsas adalah politisi Partai Golkar, sedang kakaknya y6ang lain, H. Tonas, pernah menjadi anggota DPR RI dari Partai Bulan Bintang (PBB) dari dapil Sumatera Barat.

Yendra Fahmi dikenal sebagai pengusaha sukses yang memulai dari bawah. Ia adalah owner  grup usdaha Indobagus Investasi yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan dan properti. Fahmi juga tercatat sebagai pemilik PT Adadenmas, dealer Mercedes Benz terbesar di Indonesia.

Dia dikenal sebagai pengusaha yang dermawan. Ketika terjadi kerusuhan di Wamena setahun lalu, Yendra Fahmi menyumbang Rp1 miliar untuk memulangkan perantau Minang yang jadi korban. Dia juga tercatat sebagai penyumbang tunggal untuk pembangunan Masjid Muhamamdiyah di Kulliyatul Mubaligin Yogyakarta senilai Rp30 miliar. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]