Jangan Matikan Mesin Mobil saat AC Masih Nyala, Ini Risikonya


Senin, 28 September 2020 - 07:28:01 WIB
Jangan Matikan Mesin Mobil saat AC Masih Nyala, Ini Risikonya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kebiasaan setiap orang saat berada di balik kemudi memang berbeda-beda, misalnya hal sederhana mematikan sistem pendingin kabin atau Air Conditioner (AC) mobil. Sebagian orang beranggapan sebaiknya perlu mematikan AC sebelum mematikan mesin, dan sebagian lainnya hal itu tidak perlu dilakukan. Bagaimana seharusnya?

Mengutip situs Toyotavacaville dan Carfromjapan, dijelaskan bahwa mematikan mesin mobil saat AC masih hidup tidak akan berdampak buruk pada kelistrikan atau mesin. Sebab ECU (Electronic Control Unit) mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah mampu untuk mematikan kompresor secara otomatis sebelum mesin mobil dinyalakan.

Sejak ditemukan pada tahun 1970-an tidak banyak perubahan signifikan dalam sistem AC, ada beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain. Diantaranya adalah kompressor, kondesor, receiver, drier, dan evaporator.

Namun yang membedakan, mobil-mobil zaman sekarang, apalagi yang sudah menggunakan sistem injeksi sudah dilengkapi sistem ECU, teknologi ini memastikan bahwa bahan bakar dan baterai dapat digunakan secara efektif untuk menghidupkan mesin. ECU secara otomatis memutuskan koneksi ke semua perangkat listrik.

Tetapi Anda perlu berpikir dua kali sebelum mematikan mesin jika AC masih hidup jika mobil lawas yang belum dilengkapi ECU. Bila AC masih hidup saat mesin dimatikan, khawatir akan memberatkan kerja mesin mobil. Tujuan mematikan AC saat hendak menyalakan mesin kembali agar kompresor AC tidak akan membebani motor starter dan baterai.

Seperti dikutip CarfromJapan, meski tidak ada masalah pada keluaran mobil terbaru, namun jika aki mobil sudah cukup tua alias soak, mematikan AC sebelum mobil berhenti bukanlah ide yang buruk.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 10:15:29 WIB

    Power Window Mobil Macet? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

    Power Window Mobil Macet? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini HARIANHALUAN.COM - Power window sudah menjadi perlengkapan standar mobil penumpang yang dijual di pasar mobil Indonesia. Fitur ini memudahkan penumpang membuka tutup kaca hanya dengan satu tombol di samping pintu bagian dalam.
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 09:18:35 WIB

    Nyetir Jangan Pakai Gaya 'Cebok' dan 'Cuci Piring' Ya, Bahaya!

    Nyetir Jangan Pakai Gaya 'Cebok' dan 'Cuci Piring' Ya, Bahaya! HARIANHALUAN.COM - Memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu keterampilan mengemudi mendasar yang harus diketahui. Ada beberapa cara memegang setir mengemudi dari yang terbaik hingga tidak dianjurkan. Seperti .
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:58:40 WIB

    Buruan, Dispensasi Perpanjangan SIM Hanya Sampai 31 Agustus

    Buruan, Dispensasi Perpanjangan SIM Hanya Sampai 31 Agustus HARIANHALUAN.COM - Bagi masyarakat yang hendak mengajukan permohonan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang mati di masa pandemi Corona atau Covid-19, masih diberi dispensasi. Hanya saja, dispensasi yang diberikan ini h.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 17:24:42 WIB

    Alat Pemadam Kebakaran Penting untuk di Mobil, Jangan Asal Pilih Ya

    Alat Pemadam Kebakaran Penting untuk di Mobil, Jangan Asal Pilih Ya HARIANHALUAN.COM - Di luar sistem keamanan yang sudah lengkap di mobil masih ada beberapa orang yang memberikan tambahan alat untuk meningkatkan keamanan. Salah satu alat kemanan yang ditambahkan berupa Alat Pemadam Kebakaran.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 13:17:19 WIB

    Jangan Salah Pilih Pengharum di Interior Mobil, Akibatnya Bisa Fatal

    Jangan Salah Pilih Pengharum di Interior Mobil, Akibatnya Bisa Fatal HARIANHALUAN.COM – Setiap orang menginginkan kenyamanan saat berada di dalam mobil. Oleh sebab itu, memiliki mobil dengan kondisi interior yang bersih menjadi impian semua orang, agar saat berkendara pengemudi atau penumpa.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]