Waduh! Habitat Setengah Juta Hiu Bakal Jadi Tumbal Vaksin Corona


Senin, 28 September 2020 - 12:51:17 WIB
Waduh! Habitat Setengah Juta Hiu Bakal Jadi Tumbal Vaksin Corona ilustrasi hiu

HARIANHALUAN.COM - Vaksin Corona merupakan harapan bagi dunia agar pandemi cepat berlalu dan kehidupan kembali normal. Namun demikian, kebutuhan sangat besar terhadap vaksin Corona bisa saja mengorbankan banyak ikan hiu. Kenapa demikian? Salah satu bahan yang digunakan di beberapa kandidat vaksin Corona adalah squalene, minyak alami yang berasal dari hati hiu. 

Squalene dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas vaksin dengan membuat respons imun lebih kuat. Salah satu perusahaan farmasi raksasa yang menggunakan squalene dari hiu adalah GlaxoSmithKline yang berbasis di Inggris. Squalene pada saat ini dipakai di vaksin flu buatan mereka.

Nah, perusahaan itu mengatakan akan memproduksi miliaran dosis substansi tersebut yang berpotensi digunakan untuk vaksin Corona sehingga membutuhkan banyak hiu. Sebagai gambaran, untuk mengekstrak 1 ton squalene, diperlukan 3.000 ekor hiu. Organisasi Shark Allies yang berbasis di California menyebutkan jika seluruh populasi dunia menerima satu dosis vaksin Corona yang mengandung squalene, sekitar 250 ribu ekor hiu mungkin akan dibunuh.

Seandainya dua dosis vaksin Corona dibutuhkan, maka jumlah hiu yang berpotensi dimatikan bertambah menjadi setengah juta atau 500 ribu ekor. Hal tersebut patut disesalkan meskipun saat ini, para ilmuwan sudah menguji coba alternatif dari squalene, versi sintetis yang terbuat dari tebu yang difermentasi.

"Mengambil sesuatu dari binatang liar tidak akan berkelanjutan, terutama jika itu adalah predator top yang tidak bereproduksi dalam jumlah sangat besar," kata Stefanie Brendl, founder dan direktur eksekutif Shark Allies.

"Ada banyak ketidaktahuan soal seberapa besar dan seberapa lama pandemi ini berlangsung yang jika kita terus memanfaatkan hiu, jumlah hiu yang diambil untuk produk ini bisa begitu tinggi, tahun demi tahun," papar dia yang dikutip detikINET dari Sky News, Senin (28/9/2020).

Saat ini saja, sudah sekitar 3 juta hiu dibunuh untuk diambil minyaknya itu. Menurut mereka, akan bertambah runyam jika kembali dieksploitasi berlebihan untuk vaksin Corona. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 September 2020 - 12:49:46 WIB

    Waduh! Banyak Ilmuwan Suntikkan Vaksin Covid-19 ke Diri Sendiri dan Teman

    Waduh! Banyak Ilmuwan Suntikkan Vaksin Covid-19 ke Diri Sendiri dan Teman HARIANHALUAN.COM - Hingga detik ini belum ada vaksin Covid-19 yang disahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk dijadikan penangkal virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Di sisi lain, terjadi fenomena mengejutkan di laboratorium p.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 23:25:47 WIB

    Waduh! Gejala-gejala Langka Ini Bisa Munculnya Terkait Virus Corona

    Waduh! Gejala-gejala Langka Ini Bisa Munculnya Terkait Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Eropa dan Amerika Serikat mendapat lonjakan tajam dalam beberapa pekan terakhir karena gangguan kekebalan parah pada anak-anak terkait dengan Covid-19..
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 07:40:04 WIB

    Waduh! Covid-19 Bisa Bikin Hilang Ingatan

    Waduh! Covid-19 Bisa Bikin Hilang Ingatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setelah sembuh dari Covid-19, penyanyi asal Amerika Serikat Rita Wilson mengaku sulit berkonsentrasi dan mengalami kesulitan mengingat. Wilson dan suaminya, Tom Hanks, diketahui positif terinfeksi .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]