90% Wisatawan Domestik Menghemat Pengeluaran Transportasi


Rabu, 30 September 2020 - 06:27:25 WIB
90% Wisatawan Domestik Menghemat Pengeluaran Transportasi Wisatawan. Dok ANTARA

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 mengakibatkan tekanan yang besar bagi industri pariwisata global, tak terkecuali Indonesia.

Pandemi Covid-19 juga menyebabkan gangguan pada rantai pasok global, dalam negeri, volatilitas pasar keuangan, guncangan permintaan konsumen dan dampak negatif di sektor-sektor utama seperti perjalanan dan pariwisata.

Dampak wabah Covid-19 tidak diragukan lagi akan terasa di seluruh aspek pariwisata.

Tekanan pada industri pariwisata terlihat jelas pada turunnya jumlah penumpang transportasi domestik, baik darat, laut, dan udara. Turunnya penumpang transportasi juga dapat menandakan penurunan pariwisata. Tekanan pada industri pariwisata tidak hanya terlihat dari sisi transportasi, tapi juga dapat dilihat dari turun nya tingkat hunian kamar pada hotel bintang.

Riset Lifepal.co.id menemukan bahwa pengeluaran wisatawan domestik Indonesia untuk transportasi dan akomodasi turun hingga 90% per bulan sejak awal pandemi di bulan Maret hingga Juni 2020.

"Bahwa wisatawan domestik sudah melakukan penghematan biaya travelling cukup besar di masa pandemi ini," kata Manajer Konten Life.co.id, Ruben Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Rabu (30/9/2020).

Menurut data Statistik Wisatawan Nusantara dari Badan Pusat Statistik tahun 2018, wisatawan domestik menghabiskan rata-rata Rp959,100 per perjalanan wisata. Dengan memperhitungkan inflasi transportasi dan rekreasi tahunan, diketahui pada tahun 2020 ini, wisatawan domestik menghabiskan rata-rata Rp980,943 per perjalanan wisata.

Kesimpulan sederhana yang bisa diambil, di masa pandemi ini, 90% wisatawan domestik berhemat lantaran tidak membuat pengeluaran transportasi untuk travelling. Di saat yang sama, hampir 40% wisatawan domestik menghemat pengeluaran akomodasi

"Akan sangat bijak jika dana yang tak terpakai itu dialokasikan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi kesehatan kondisi finansial pribadi," tukasnya. (*)

Baca Juga : Konversi Bank Riau Kepri ke Bank Syariah, Disosialisasikan pada Nasabah non Muslim

Editor : Milna Miana | Sumber : Relis
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]