Diguncang Covid-19, Tingkat Hunian Kamar Hotel Berbintang Anjlok


Rabu, 30 September 2020 - 06:33:58 WIB
Diguncang Covid-19, Tingkat Hunian Kamar Hotel Berbintang Anjlok Dok Media Indonesia

HARIANHALUAN.COM - Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Juni 2020 mencapai rata-rata 19,70% atau sudah turun 39,69 poin sejak Desember 2019.

Hal ini diungkapkan riset lifepal.co.id dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com melalui Manajer Konten Life.co.id, Ruben Setiawan.

"Pandemi Covid-19 sendiri sudah mengakibatkan penurunan paling dalam pada bulan April 2020, di mana TPK hanya tercatat rata rata 12,67% atau sudah turun 46,72 poin dari bulan Desember 2019," kata Ruben.

Penumpang KA Jabodetabek Menurunan

Penurunan yang cukup tajam juga terjadi pada jumlah penumpang kereta api di Jabodetabek, Non Jabodetabek (JAWA), dan Sumatera. Puncak pelemahan terjadi pada bulan Mei 2020, di mana tercatat pelemahan dengan persentase rata rata di kisaran -92% jika dibandingkan dengan Desember 2019.

Penumpang Pelayaran di Pelabuhan Anjlok

Terjadi penurunan yang cukup tajam pada angka kedatangan penumpang pelayaran di beberapa pelabuhan utama di Indonesia yaitu Pelabuhan Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Balikpapan, dan Makassar.

Pada bulan Mei 2020-lah tercatat penurunan yang paling dalam dengan persentase rata-rata di kisaran -98,52% jika dibandingkan dengan bulan Desember 2019.

Penerbangan domestik di Bandara Soekarno-Hatta, Polonia, Ngurah Rai, dan Hasanudin kompak anjlok.

Terjadi penurunan yang cukup tajam pada jumlah penumpang pada penerbangan domestik di beberapa bandara utama di Indonesia yaitu bandara Soekarno-Hatta, Polonia, Juanda, Ngurah Rai, dan Hasanudin.

Pada bulan Mei 2020, terjadi penurunan jumlah penumpang yang paling dalam dengan angka rata rata di kisaran -98,63%, jika dibandingkan jumlah penumpang pada bulan Desember 2019, beberapa bulan sebelum pandemi melanda Indonesia. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]