Infrastruktur di Mentawai Masih Kurang, Penyebab Angka Kemiskinan Tinggi


Rabu, 30 September 2020 - 07:27:30 WIB
Infrastruktur di Mentawai Masih Kurang, Penyebab Angka Kemiskinan Tinggi Bruno Guimek Sagalak

HARIANHALUAN.COM - Sekertaris Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Bruno Guimek Sagalak menyebutkan bahwa kemiskinan di Mentawai disebabkan minimnya infrastuktur terutama jalan yang merupakan urat nadi perekonomian. 

Hal tersebut diungkapkan kepada haluan.com, Senin (28/09), di Tuapejat. Menurutnya pembangunan infrastruktur di Kepulauan Mentawai terkesan lamban, dikarenakan geografis kepulauan yang menyulitkan dan membutuhkan biaya besar dalam membangun.

"Kalau saya melihat kemiskinan di Kepulauan Mentawai disebabkan minimnya struktur pendukung, terutama infrastruktur jalan, pembangunannya sangat lamban, memang kita akui biaya untuk pembangunan di Mentawai sangat tinggi dibandingkan daratan Sumbar," paparnya.

Menurutnya jika jalan sudah dibuka masyarakat secara inisiatif akan membuka potensi usaha, untuk mengentaskan kemiskinan atau mengeluarkan Mentawai dari daerah 3T yakni Tertinggal, Terdepan dan Terluar. Kata dia, pemerintah harus menggenjot pembanguan jalan.

"Kita bisa sendiri ketika jalan itu sudah dibuka, masyarakat berlomba-lomba beli kendaraan bermotor itu tandanya ekonomi masyarakat langsung naik, lalu tanpa disuruh masyarakat ada yang membuat bengkel dan sebagainya, usaha itu muncul dengan sendirinya, bahkan di sepanjang kiri-kanan jalan sudah ditanami pisang, karena aksesnya sudah gampang," timpalnya.

Disamping itu, kata dia, bantuan stimulus bagi masyarakat dari pemerintah untuk pengentasan kemiskinan memang sangat penting misalnya melalui program dari pusat yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerimaan bantuan sembako. 

"Kalau jalan sudah ada, program yang digalakkan oleh pemerintah saya kira akan berjalan dengan baik, tentu kita mengharapkan bantuan pembangunan dari pusat, karena kalau hanya mengandalkan APBD akan membutuhkan waktu yang sangat lama, disamping itu kita juga harapkan bantuan sosial masyarakat untuk memeberikan stimulus," imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun haluan.com di Dinsos P3A Kabupaten Kepulauan Mentawai, saat ini jumlah keluarga penerima manfaat dati Program Keluarga Harapan sebanyak 5.659 KK dan penerimaan bantuan sembako sebanyak 6.337 KK.(*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]