70% Penyumbang Kematian Covid-19 di Dunia dari Negara Ini


Rabu, 30 September 2020 - 11:36:46 WIB
70% Penyumbang Kematian Covid-19 di Dunia dari Negara Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Semakin hari jumlah kasus virus Corona atau Covid-19 menunjukkan trend kenaikan di Indonesia, begitu juga di dunia. Hanya saja urutan negara dengan kasus terbanyak sudah berganti.

Tapi yang mencengangkan, menurut WHO ternyata penyumbang kematian terbanyak akibat Covid-19 hanya dari beberapa negara.

Jadi sebenarnya kasus kematian akibat Covid-19 di dunia ini tidak merata.

Bayangkan saja, 70 persen penyumbang kasus kematian akibat Covid-19 di dunia, menurut versi WHO, hanya dari beberapa negara saja.

WHO menyatakan ada 10 negara yang menjadi penyumbag terbanyak kematian akibat Covid-19 di dunia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, negara-negara itu harus berbuat lebih banyak untuk menurunkan tingkat kematian yang ada di negara mereka.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, negara-negara itu harus berbuat lebih banyak untuk menurunkan tingkat kematian yang ada di negara mereka.

Terkhusus untuk negara-negara di eropa, WHO mengingatkan "Banyak pekerjaan yang harus dilakukan" untuk menurunkan penambahan kasus virus corona, karena kematian di kalangan lansia akan bertambah cepat.

"Kami mulai melihat peningkatan kecil dalam kematian pada orang tua dan itu pasti akan jadi lebih," ujar Dr Mike Ryan direktur program kedaruratan WHO.

Kita belum memulai musim flu, jadi yang kita khawatirkan adalah kemungkinan tren ini akan memburuk," lanjut kepala teknis Covid-19 WHO Dr Maria van Kerkhove dikutip dari Gridhealt.id, Rabu (30/9/2020).

Dia mengatakan, sebagian penambahan kasus ini karena negara-negara semakin baik mendeteksi kasus, tetapi para pakar menyoroti peningkatan rawat inap dan perawatan intensif atau ICU.

Adapun kesepuluh negara itu adalah Amerika Serikat (AS), Brasil, India, Meksiko, Inggris, Italia, Peru, Perancis, Spanyol, dan Iran. Indonesia tidak termasuk. (*) 

loading...
 Sumber : Gridhealt.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]