Selama Tahapan Pilkada 2020, DKPP Sumbar Sudah Terima 500 Laporan


Rabu, 30 September 2020 - 14:07:39 WIB
Selama Tahapan Pilkada 2020, DKPP Sumbar Sudah Terima 500 Laporan Ketua DKPP Republik Indonesia, Muhammad

HARIANHALUAN.COM - Sekitar 500 laporan aduan diterima Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Sumatera Barat selama pelaksanaan tahapan dalamPilkada 2020, baik provinsi maupun daerah.

"Setidaknya ada sekitar 400 hingga 500 laporan yang kita terima dari pengadu selama pelaksanaan Pilkada 2020," ujar Ketua DKPP Republik Indonesia, Muhammad, Rabu (30/9/2020).

Laporan itu terjadi, kata dia pasca penetapan para pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari jumlah laporan yang diterima, sudah diputuskan hingga proses tahap verifikasi.

"Terkait laporan, kami hanya berwenang untuk memastikan bahwa penyelanggara pemilu bekerja berpedoman dan sesuai peraturan teknis. Selain itu, juga mengindahkan kode etik dan perilaku," sebut Muhammad.

Ditambahaknnya, sedangkan untuk melakukan penilaian dan pengawasan terhadap tahapan pemilu, adalah wewenang KPU dan Bawaslu sesuai yang diatur dalam undang-undang pilkada.

"Artinya, kewenangan DKPP sangat terbatas yang hanya sekadar penegakan kode etik dalam menanggapi laporan dari masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada tersebut," terangnya.

DKPP menyidangkan perkara gugatan terhadap 12 orang penyelenggara pemilu di Sumbar yang berlangsung di Kantor KPU Sumbar. Diantaranya pengaduan adalah pencalonan perseorangan calon Gubernur dan wakil gubernur Fakhrizal dan Genius Umar.

Pokok aduan adalah bahwa pihak yang diduga telah melakukan Verifikasi Faktual atas Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020 tidak sesuai dan peraturan perundangan-undangan serta kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]