DPRD Mentawai Minta Koperasi Bangkit Lagi


Rabu, 30 September 2020 - 22:02:07 WIB
DPRD Mentawai Minta Koperasi Bangkit Lagi Kegiatan RDP Komisi III dengan Dinas Koperindag UMKM Mentawai pertengahan September lalu.

HARIANHALUAN.COM - Sedikitnya tercatat 140-an Koperasi pernah dibentuk dan aktif di Kepulauan Mentawai, namun saat ini hanya tinggal 20-an Koperasi yang masih aktif, sedangkan lainnya sudah blacklist atau masuk dalam daftar hitam.

Menanggapi hal tersebut DPRD Mentawai melalui Komisi III meminta masyarakat khususnya yang ikut aktif berkoperasi, bangkit kembali membangun kepengurusan yang baru, selanjutnya bagi pengurus inti diusulkan mengikuti pelatihan.

"Sekarang berdasarkan data yang kita terima dari Dinas Koperindag dan UMKM Mentawai tercatat ada 140 koperasi, sekarang hanya ada sekitar 20-an saja yang aktif, tapi yang benar-benar aktif memiliki kegiatan ada 7 yaitu Koperasi TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat)," kata Julius Tairarak kepada harianhaluan.com, Senin lalu (28/9/2020) di Tuapejat. 

Menurut Sekretaris Komisi III ini, jika suatu koperasi bisa dijalankan dengan baik, niscaya ekonomi masyarakat khususnya anggota koperasi lebih meningkat atau bagi yang belum memiliki usaha bisa mengajukan pinjam ke Koperasi sebagai anggota. 

"Kita kan tahu tujuan koperasi ini mensejahterakan anggota dengan membuka usaha atau jenis koperasi lainnya prinsipnya sama meningkatkan ekonomi masyarakat, jadi harapan kita nanti setelah dibentuknya koperasi baru atau pun koperasi lama, pengurus intinya dilatih agar koperasi bisa berjalan dengan baik," paparnya. 

Dia menyebutkan, kondisi koperasi yang tidak berjalan maksimal tersebut diketahui saat melakukan reses ke lapangan. Ditambah lagi, data yang disampaikan oleh dinas terkait dalam kegiatan Rapat Dengar Pendapat yang sudah dilakukan baru-baru ini. 

"Kita sudah mendengarkan langsung dari Dinas terkait melalui RDP, jadi kendala yang selama ini terjadi, kenapa koperasi itu tidak maju-maju, karena sumber daya manusia untuk pengurus ini masih lemah, sehingga terkesan jalan di tempat, kita di Komisi III sangat mendukung kegiatan pelatihan untuk pengurus koperasi dan dianggarakan tahun depan," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 23:58:40 WIB

    Mengadu ke DPRD, Nelayan Mentawai Butuh Pabrik Es Balok

    Mengadu ke DPRD, Nelayan Mentawai Butuh Pabrik Es Balok HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai mendengarkan keluhan nelayan dan pedagang ikan, khususnya di Tempat Penjualan Ikan (TPI) Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara sebagai pusa.
  • Senin, 28 September 2020 - 16:41:23 WIB

    Tingkatkan Kualitas Jurnalis, PWI Tanah Datar Berkunjung ke DPRD Muaro Jambi

    Tingkatkan Kualitas Jurnalis, PWI Tanah Datar Berkunjung ke DPRD Muaro Jambi HARIANHALUAN.COM - Kunjungan kerja para jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar ke DPRD Kabupaten Muaro, Provinsi Jambi, Senin (28/9/2020) dilakukan untuk peningkatan sumber daya.
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Selasa, 01 September 2020 - 16:28:00 WIB

    Status DPO, Oknum Anggota DPRD Dharmasraya Mangkir Sidang

    Status DPO, Oknum Anggota DPRD Dharmasraya Mangkir Sidang HARIANHALUAN.COM - Disebut-sebut melarikan diri atau DPO karena ditetapkan sebagai salah seorang tersangka kasus penganiayaan berujung hilangnya nyawa seseorang, seorang oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:05:21 WIB

    Apresiasi Program UEP Karang Taruna, Ketua DPRD Sawahlunto: Ini Kepeloporan Bernilai Positif

    Apresiasi Program UEP Karang Taruna, Ketua DPRD Sawahlunto: Ini Kepeloporan Bernilai Positif HARIANHALUAN.COM - Mengapresiasi program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang tengah di genjot oleh Karang Taruna, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto, Eka Wahyu langsung turun meninjau lokasi UEP Budida.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]