Mengadu ke DPRD, Nelayan Mentawai Butuh Pabrik Es Balok


Rabu, 30 September 2020 - 23:58:40 WIB
Mengadu ke DPRD, Nelayan Mentawai Butuh Pabrik Es Balok Wakil Ketua Komisi III DPRD Mentawai Parsaroan Simanjutak

HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai mendengarkan keluhan nelayan dan pedagang ikan, khususnya di Tempat Penjualan Ikan (TPI) Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara sebagai pusat Kabupaten yang sering mengalami kesulitan es balok.

"Ini aspirasi nelayan dan pedagang ikan, dimana mereka kesulitan mendapatkan es balok. Sekarang ada satu pabrik es di TPI, tapi usianya sudah tua dan sering mengalami kerusakan. Nah, untuk itu tahun depan akan diusulkan untuk membangun pabrik es balok mini," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Mentawai Parsaroan Simanjutak, Senin (28/9/2020).

Dia menyebutkan, untuk menyampaikan dan mengetahui kondisi pabrik es tersebut pihaknya sudah mengundang Dinas Perikanan untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada pembahasan anggaran tahun 2021 pembangunan pabrik mini es balok akan diusulkan. Dari pantauan, produksi batu es di pabrik yang ada sekarang ini dinilai tidak mampu menjawab kebutuhan masyarakat nelayan dan pedagang ikan. 

Makanya, banyak nelayan yang mengunakan batu es rumahan yang dibungkus dengan plastik ukuran 1 Kilogram untuk pendingin ikan dengan harga sekira Rp1.500 per bungkusnya. Tapi, kalau pabrik beroperasi normal juga hanya bisa memproduksi belasan batu es dan nelayan masih tetap kekurangan.

"Pedagang ikan juga membutuhkan es, nah keterbatasan pasokan es ini menjadi salah satu keluhan dari nelayan kita, jalan satu-satunya daripada ikan busuk terpaksa diasinkan," tuturnya. 

Dia berharap, kalau bisa, pabrik es mini tersebut tidak hanya untuk Pulau Sipora saja, melainkan harus ada di pulau-pulau lainnya, seperti Sikabaluan dan Siberut, kecuali di Sikakap. Sebab, disana telah ada pabrik es di wilayah Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT). (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]