Masih Ada Perusahaan yang Telat Sampaikan LKPM ke DPMPTSP Sumbar


Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:11:31 WIB
Masih Ada Perusahaan yang Telat Sampaikan LKPM ke DPMPTSP Sumbar Kepala DPMPTSP Sumbar, Maswar Dedi.

HARIANHALUAN.COM - LKPM atau Laporan Kegiatan Penanaman Modal wajib disampaikan oleh setiap perusahaan atas progres proyek investasi yang sedang berjalan ataupun yang sudah komersil secara bertahap kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar.

Namun ironisnya, masih terdapat perusahaan yang tidak menyampaikan LKPM ke DPMPTSP Sumbar.

Hal itu diungkapkan Kepala DPMPTSP Sumbar, Maswar Dedi, kemarin.

"Untuk saat ini masih terdapat perusahaan yang tidak menyampaikan LKPM ke DPMPTSP baik ke tingkat pusat maupun Provinsi," katanya.


Padahal, LKPM harus dilaporkan sesuai perka Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengedalian Pelaksanaan Penanaman Modal. 

"Namun sudah kami berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku," katanya.  

Sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Perka BKPM RI Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, dijelaskan bahwa setiap pelaku usaha terutama dengan nilai investasi di atas Rp500 juta wajib menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) setiap triwulan.

Untuk menyampaikan LKPM, DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat melakukan konsolidasi dengan DPMPTSP Kabupaten Kota untuk mengoptimalkan kegiatan pemantauan dan pengawasan penanaman modal serta memberikan pemahaman kepada perusahaan untuk menyampaikan LKPM sesuai dengan waktunya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]