Parpol yang Didirikan Amien Rais Bernama Partai Ummat


Kamis, 01 Oktober 2020 - 17:54:02 WIB
Parpol yang Didirikan Amien Rais Bernama Partai Ummat Tangkapan layar video mantan Ketua MPR Amien Rais yang mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat. Net

HARIANHALUAN.COM-Amien Rais resmi menyatakan akan mendirikan sebuah partai baru. Parpol baru bentukan mantan politikus dan  pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu diberi nama  Partai Ummat.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," kata Amien saat menyampaikan nama partai baru melalui saluran Youtube resminya yang dipantau di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Partai Ummat menurut dia bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Partai Ummat, Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," tegasnya.

Partai Ummat akan bekerja dan berjuang dengan memegang teguh Pancasila, UUD 1945. "Serta aturan demokrasi universal, yang akhirnya iyyaka na’bud wa iyyaaka nasta’iin, hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan. Merdeka," ujar Amien.


Sementara itu Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat setelah Amien Rais mengumumkan berdirinya partai tersebut pada Kamis (1/10/2020).

"PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat di gelanggang politik. Secara ideologi politik, PAN dan Partai Ummat berbeda," kata Viva Yoga

Menurut dia, PAN berideologi Nasionalis-Relijius dan Partai Ummat itu Partai Islam sehingga perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat.

Dia mengatakan, terkait sikap pendiri PAN Amien Rais yang mengumumkan berdirinya Partai Ummat, berarti secara resmi dan legal konstitusional Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN.

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 11:49:31 WIB

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP

    Komisi I DPRD Sumbar Sebut Beberapa Parpol Tolak Adanya RUU HIP HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat M Nurnas menyampaikan perkembangan RUU HIP di kursi DPR saat ini, terdapat beberapa partai politik yang menyatakan penolakan terhadap .
  • Senin, 22 Juni 2020 - 14:40:11 WIB

    KPU Sumbar Gelar Sosialiasi Virtual dengan Sejumlah Parpol dan Stakeholder

    KPU Sumbar Gelar Sosialiasi Virtual dengan Sejumlah Parpol dan Stakeholder HARIANHALUAN.COM - Dalam masa pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat gelar diskusi zoom meeting atau virtual. Itu merupakan bentuk sosialiasi, bentuk dari dari peraturan KPU No.5/2020..
  • Kamis, 28 November 2019 - 17:39:10 WIB

    Dana Parpol Ditaksir Naik 48 Kali Lipat, Sedot APBN Rp6 T

    Dana Parpol Ditaksir Naik 48 Kali Lipat, Sedot APBN Rp6 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dana bantuan untuk partai politik (parpol) diwacanakan mengalami peningkatan hingga 48 kali lipat  atau 4.800 persen dari Rp1.000 menjadi Rp48 ribu per suara di masa mendatang..
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 19:57:47 WIB

    Jokowi Bertemu Ketum Parpol Malam Ini, Bahas Apa?

    Jokowi Bertemu Ketum Parpol Malam Ini, Bahas Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memperkenalkan menteri-menteri yang akan membantunya pada periode kedua esok hari. Dia disebut akan bertemu dengan ketum parpol malam ini. .
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:32:54 WIB

    Cukong dan Parpol Disebut Sebagai Tuannya Anggota DPR

    Cukong dan Parpol Disebut Sebagai Tuannya Anggota DPR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago sebagai mantan anggota DPR RI menyebut lembaga legislatif masih bersikap sebagai kepanjangan tangan partai politik. Irma bahkan mengatakan pada dasarnya.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]