Cina Segera Jual Vaksin Corona, Harganya Dua Dosis Sekitar Rp2 Juta


Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:13:08 WIB
Cina Segera Jual Vaksin Corona, Harganya Dua Dosis Sekitar Rp2 Juta Ilustrasi. Net

HARIANHALUAN.COM-Vaksin COVID-19 sudah tersedia. Pemerintah China berjanji segera mendistribusikan ke negara-negara di seluruh dunia yang membutuhkannya dengan harga yang rasional.

China mengembangkan sedikitnya 11 jenis vaksin COVID-19, sebanyak sembilan di antaranya sudah memasuki uji klinis tahap ketiga di China dan beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Kandidat vaksin yang dikembangkan Sinopharm dan Sinovac telah dipajang di salah satu anjungan pameran di Shanghai beberapa waktu lalu.

Bahkan sudah beredar pula harga untuk dua dosis sekitar 900 yuan atau sekitar Rp2 juta.

"Vaksin dari berbagai negara masih dikembangkan. Tidak jelas berapa harganya. Tapi bagi China sudah jelas. Kami akan memberikan vaksin kami kepada dunia sebagai barang kebutuhan publik global dengan harga yang fair dan rasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam pernyataan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Pernyataan tersebut untuk menanggapi laporan bahwa vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh China akan lebih mahal daripada yang diproduksi oleh Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.


Wang menampik laporan tersebut dengan menyatakan China telah berjanji untuk menjadikan vaksin mudah diakses dengan harga terjangkau di negara- negara berkembang dan akan menjaga komitmen tersebut.

China sedang berpacu dengan waktu dalam mengembangkan vaksin COVID-19. Setelah vaksin tersedia, akan segera dibagikan sebagai barang kebutuhan publik global.

Wang menambahkan bahwa China akan memprioritaskan distribusi vaksin kepada negara-negara berkembang melalui berbagai cara, termasuk sumbangan dan bantuan gratis.
 

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Juni 2020 - 21:12:34 WIB

    Cina Rilis Buku Putih Pertempuran Lawan Covid-19, Ini Bocoran Isinya    

    Cina Rilis Buku Putih Pertempuran Lawan Covid-19, Ini Bocoran Isinya     HARIANHALUAN.COM -- China telah menerbitkan buku putih yang berisi catatan tentang 'pertempuran' Negeri Tirai Bambu dalam melawan wabah virus corona (COVID-19) pada Minggu (7/6/2020)..
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 14:36:55 WIB

    Catat, Cina Janji Tak Monopoli Vaksin Covid-19

    Catat, Cina Janji Tak Monopoli Vaksin Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- China berjanjikan akan menjadikan vaksin virus Covid-19 sebagai barang publik atau tidak monopoli jika penangkal virus ini ditemukan. Hal ini disampaikan Menteri Sains dan Teknologi China Wang Zhigang, s.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 15:30:18 WIB

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru?

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru? HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengatakan pada Minggu (24/5) bahwa hubungan antara Cina dan Amerika Serikat (AS) berisiko memburuk hingga ke titik "Perang Dingin baru" bisa saja menjadi kenyataan..
  • Senin, 16 Maret 2020 - 11:17:25 WIB

    Ngeri! Korban Corona di Cina Bertambah Lagi Menjadi 80.860 Orang

    Ngeri! Korban Corona di Cina Bertambah Lagi Menjadi 80.860 Orang BEIJING,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Cina mengonfirmasi bahwa kini kasus baru infeksi virus corona bertambah menjadi 16 kasus. Hal itu membuat jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok sejauh ini menjadi 80.860 orang..
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 13:10:22 WIB

    Wah..! Pemerintah Cina Berang, Logo Bintang di Bendera Diubah Mirip Virus Corona

    Wah..! Pemerintah Cina Berang, Logo Bintang di Bendera Diubah Mirip Virus Corona BEIJING,HARIANHALUAN.COM- Pemeriintah China mengaku sangat marah, dan menuntut Jyllands-posten meminta maaf secara terbuka, setelah surat kabar di Denmark itu menerbitkan grafik bendera China dengan mengubah lima bintang kun.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]