Masuki Tahapan Kampanye, Bawaslu Pasaman Tertibkan Ratusan APK 


Kamis, 01 Oktober 2020 - 21:57:46 WIB
Masuki Tahapan Kampanye, Bawaslu Pasaman Tertibkan Ratusan APK  Bawaslu Pasaman bersama tim gabungan saat melakukan penertiban APK paslon peserta Pilkada 2020.

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, mulai menertibkan alat peraga kampanye (AKP) milik Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada 2020, mulai hari ini, Kamis (1/10/2020).

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, MA mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya untuk menertibkan tahapan kampanye yang sudah berjalan. Penertiban APK paslon ini ditargetkan rampung, pada Jumat (2/10/2020) besok. 

"Penertiban APK tadi melibatkan sejumlah unsur, seperti TNI/Polri, pihak Kejaksaan, Satpol PP, Kesbangpol dan pihak KPU sendiri. Semua APK yang tersebar di kabupaten ini kita bersihkan," katanya.

Sebelumnya, kata Rini, Bawaslu telah menghimbau pasangan calon dan partai politik untuk menertibkan sendiri APK yang sudah ada atau terpasang disejumlah titik di daerah itu. 

"Untuk hari pertama, ada ratusan APK milik paslon gubernur, wakil gubernur, paslon bupati dan wakil bupati termasuk APK kandidat yang batal ikut Pilkada yang ditertibkan oleh tim gabungan," ujarnya. 

Ia mengatakan, setelah peserta Pilkada ditetapkan KPU provinsi dan kabupaten, maka APK kandidat tidak boleh dipasang di sembarang tempat. Sebab, lokasi atau zona pemasangan APK ditetapkan oleh KPU.

"Hal ini diatur dalam PKPU Nomor 11 tahun 2020 Perubahan PKPU Nomor 4 tahun 2017, bahwa nanti APK yang boleh dipasang adalah APK yang dicetak secara resmi oleh KPU," ujarnya. (*)

 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 06:14:48 WIB

    Dr. Andani: Sumbar Saat Ini Memasuki Face Puncak Bertambahnya Kasus Covid-19

    Dr. Andani: Sumbar Saat Ini Memasuki Face Puncak Bertambahnya Kasus Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kepala laboratorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Dr Andani Eka Putra, MSc. menjadi Narasumber rapat terbatas melalui Video Conference (Vidcon) dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rum.
  • Senin, 08 Juni 2020 - 09:50:44 WIB

    Ini Tiga Syarat Sumbar Memasuki Era Tatanan Normal Baru

    Ini Tiga Syarat Sumbar Memasuki Era Tatanan Normal Baru HARIANHALUAN.COM - Memasuki era Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) di Sumatra Barat mulai hari ini, Senin (8/6/2020), Sumbar harus memenuhi kriteria Standar yang dikeluarkan oleh organiasi kesehatan duni.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:56:26 WIB

    Memasuki New Normal, Faldo: Pak IP Paling Top

    Memasuki New Normal, Faldo: Pak IP Paling Top HARIANHALUAN.COM - Ketua DPW PSI Sumbar, Faldo Maldini bersyukur Sumatera Barat dapat melewati PSBB dengan mulus. Dia menilai Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno yang akrab disapa IP, berhasil merespon pandemi Cov.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 17:25:03 WIB

    Berikan Dampak Positif, SEML Bersiap Memasuki Produksi Tahap Dua

    Berikan Dampak Positif, SEML Bersiap Memasuki Produksi Tahap Dua SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) di Pekonina Solok Selatan (Solsel) telah memberikan dampak positif terhadap daerah itu. Sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan jadi.
  • Kamis, 16 April 2015 - 18:55:38 WIB

    Relokasi RSUD M Zein Masuki Tahapan Tender

    PAINAN, HALUAN — Rencana proyek relokasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan sudah memasuki tahap tender atau pelelangan. PIP memberi sarat peserta lelang proyek harus bersertifikasi ISO dan telah berpengalaman .


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]