Masuki Tahapan Kampanye, Bawaslu Pasaman Tertibkan Ratusan APK 


Kamis, 01 Oktober 2020 - 21:57:46 WIB
Masuki Tahapan Kampanye, Bawaslu Pasaman Tertibkan Ratusan APK  Bawaslu Pasaman bersama tim gabungan saat melakukan penertiban APK paslon peserta Pilkada 2020.

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, mulai menertibkan alat peraga kampanye (AKP) milik Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada 2020, mulai hari ini, Kamis (1/10/2020).

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, MA mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya untuk menertibkan tahapan kampanye yang sudah berjalan. Penertiban APK paslon ini ditargetkan rampung, pada Jumat (2/10/2020) besok. 

"Penertiban APK tadi melibatkan sejumlah unsur, seperti TNI/Polri, pihak Kejaksaan, Satpol PP, Kesbangpol dan pihak KPU sendiri. Semua APK yang tersebar di kabupaten ini kita bersihkan," katanya.

Sebelumnya, kata Rini, Bawaslu telah menghimbau pasangan calon dan partai politik untuk menertibkan sendiri APK yang sudah ada atau terpasang disejumlah titik di daerah itu. 

"Untuk hari pertama, ada ratusan APK milik paslon gubernur, wakil gubernur, paslon bupati dan wakil bupati termasuk APK kandidat yang batal ikut Pilkada yang ditertibkan oleh tim gabungan," ujarnya. 

Ia mengatakan, setelah peserta Pilkada ditetapkan KPU provinsi dan kabupaten, maka APK kandidat tidak boleh dipasang di sembarang tempat. Sebab, lokasi atau zona pemasangan APK ditetapkan oleh KPU.

"Hal ini diatur dalam PKPU Nomor 11 tahun 2020 Perubahan PKPU Nomor 4 tahun 2017, bahwa nanti APK yang boleh dipasang adalah APK yang dicetak secara resmi oleh KPU," ujarnya. (*)

 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]