Tak Kunjung Pulang, Seorang Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Mentawai


Jumat, 02 Oktober 2020 - 07:09:09 WIB
Tak Kunjung Pulang, Seorang Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Mentawai Apel tim SAR Mentawai yang melakukan pencarian terhadap nelayan yang hilang.

HARIANHALUAN.COM - Seorang nelayan bernama Nofialdi (30) warga Dusun Pokkai, Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara dilaporkan tak kunjung pulang setelah pergi melaut. Keluarga langsung meminta bantuan ke Tim Search and Rescue (SAR) untuk melakuakan pencarian, Kamis (1/10/2020).

Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai Akmal kepada harianhaluan.com via WhatsApp pribadinya membenarkan adanya seorang nelayan yang dilaporkan hilang kontak dan tidak kunjung pulang sejak pergi memancing Kamis (1/10/2020) pagi dengan perahu kayu menggunakan mesin long tail atau biasa disebut pompong.

"Kronologisnya, 1 Oktober pukul 20.50 WIB, kita menerima informasi dari pelapor atas nama Eko (pihak keluarga) yang mana waktu kejadian hilang kontak diperkirakan terjadi pukul 16.00 WIB. Kemudian, kita bergerak dari Pelabuhan Tuapejat dengan tujuan koordinat 1°4'18.61"S -  99°5'52.76"E. Heading 332° dengan jarak tempuh 64 NM dari Dermaga Tuapejat dan diperkirakan memakan waktu 3 jam," terang Akmal 

Dia menyebutkan, pencarian akan dilanjutkan pada Jumat (2/10/2020) pagi, sementara tim gabungan yang terdiri dari Tim Rescue SAR Mentawai, TNI/Polri, BPBD dan masyarakat sudah siaga di Dusun Pokkai. Sedangkan, armada dan peralatan yang digunakan dalam upaya pencarian antara lain RIB 02 Mentawai, alat Komunikasi, alat bantuan navigasi, peralatan evakuasi dan Rescue Carrier.

"Harapan kita semoga operasi pencarian dan pertolongan ini berhasil, korban dapat ditemukan dengan selamat. Kemudian kita juga mengimbau kepada nelayan agar memperhatikan keselamatan saat melaut dan memperhatikan kondisi cuaca," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]