Rumor Bos Lion Bikin Maskapai Baru Kian Santer, Inikah Penampakannya?


Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:02:30 WIB
Rumor Bos Lion Bikin Maskapai Baru Kian Santer, Inikah Penampakannya? Super Air Jet

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Belakangan beredar desain pesawat dengan nama maskapai Super Air Jet, menggunakan hasil pabrikan Airbus dan Boeing. Hal ini membuat kabar mengenai pembentukan maskapai baru oleh pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana kian santer.

Gambar tersebut diunggah oleh Pengamat Penerbangan, Gerry Soejatman, dalam akun Twitternya.

"Yesterday we saw #SuperAirJet in #Airbus #A320. How would it look like with a #Boeing #737NG ? Looks interesting but I am certain, this is an early concept livery and the airline itself might be different from what we're seeing today. Graphics courtesy of @Eka_viation," tulis Gerry.

Gambar pesawat berwarna dominan putih ini dibumbui dengan sedikit corak berwarna merah khas Lion Air. Di badan pesawat itu tertulis 'Super Air Jet' yang dimungkinkan menjadi nama dari maskapai baru yang tengah disiapkan oleh Lion Air tersebut.

Geger Rusdi Kirana Pemilik Lion Air Bikin Maskapai Baru
Ketika dikonfirmasi, Gerry menjelaskan bahwa gambar yang diunggah adalah konsep livery Super Air Jet menggunakan Boeing 737. Konsep tersebut didesain berdasarkan unggahan sebelumnya yang lebih dulu tersebar, dengan desain menggunakan Airbus A320.

"Unggahan kemarin adalah bocoran yang diterima di kalangan industri dan pertama di upload ke sosmed oleh akun twitter dan facebook yg dikelola oleh media Aviatren," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (2/10/20).

Dia menegaskan bahwa bocoran gambar ini belum tentu benar yang akan dipakai maskapai baru nantinya. Artinya, spekulasi desain masih bisa berubah dan belum tentu digunakan.

"Menurut saya wujud yang diunggah masih merupakan konsep dan bukan jaminan maskapainya nanti akan terbang dengan livery seperti itu," tandasnya.

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Budi Prayitno mengakui saat ini memang ada pengajuan izin terbang baru atau Air Operator Certificate (AOC). Hanya saja dia tak menjelaskan nama orang atau perusahaan yang melayangkan pengajuan maskapai tersebut, apakah terkait Rusdi Kirana.

"Informasi yang dapat saya sampaikan adalah, ada satu badan hukum yang mengajukan AOC baru dan saat ini sedang dalam proses untuk penerbitannya. Untuk nama badan hukum tersebut, saya belum bisa sampaikan sampai AOC-nya terbit," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (1/10/20).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, sempat tidak membantah adanya rencana tersebut. Kendati demikian, dia juga tak menjelaskan detail rencana pembentukan maskapai baru Rusdi Kirana.

"Saya belum bisa memberikan keterangan terlebih dahulu," ujarnya kepada CNBC Indonesia, ketika di konfirmasi pada Kamis (1/10/20). (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]