Fakta di Balik 14 Kasus Positif Baru Dharmasraya, Empat Diantaranya Staf KPU


Jumat, 02 Oktober 2020 - 18:17:03 WIB
Fakta di Balik 14 Kasus Positif Baru Dharmasraya, Empat Diantaranya Staf KPU Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Di balik meledaknya jumlah kasus konfirmasi positif baru terpapar virus Covid-19 yang mencatatkan penambahan hingga 14 kasus di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, terungkap fakta empat orang diantaranya adalah staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Hal itu sebagaimana diakui oleh Ketua KPU Dharmasraya, Maradis MA, saat dihubungi wartawan, di Dharmasraya, Jumat (02/10). 

"Keempat orang staff yang terpapar virus pandemi tersebut terjaring dari kegiatan uji swab yang dilaksanakan pihak KPU bersama Dinas Kesehatan setempat, pasca dinyatakan positifnya satu orang staff KPU sebelum ini, " Ungkapnya. 

Terkait data diri pasien kasus konfirmasi positif Covid-19 tersebut, ia mengaku tidak bisa mengungkapkan secara detail, namun seluruh staff tersebut sudah melaksanakan upaya isolasi secara mandiri. 

"Keempat staff tersebut terdiri dari tiga orang wanita dan satu orang pria," ujarnya. 

Disinggung tentang aktifitas lembaga itu seiring sudah berjalannya tahapan Pilkada Serentak 2020, ia menegaskan seluruh kegiatan bisa berlangsung normal. 

Untuk beberapa kegiatan, lanjutnya, bisa dilaksanakan secara daring seperti rapat staff, rapat komisioner serta kegiatan internal KPU lainnya. 

"Sementara untuk kegiatan yang melibatkan pihak stakeholder dan peserta pilkada serentak, akan dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan bebas Covid-19 secara ketat," jelasnya. 

Ia mengimbau kepada seluruh stakeholder, peserta pilkada dan mitra KPU lainnya juga menerapkan prosedur yang sama demi mencegah penyebaran virus tersebut lebih luas lagi. 

"Akan lebih jika pada saat segala urusan dan atau rapat -rapat yang melibatkan pihak KPU, agar melampirkan surat keterangan hasil swab masing-masing karena penyebaran virus bisa saja dari luar KPU dan atau tertular melalui staff KPU sendiri, sehingga memudahkan pihak terkait saat melakukan tracing kasus riwayat kontak erat terhadap pasien konfirmasi positif," tutupnya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, mengkonfirmasi sebanyak 14 kasus positif baru masyarakat terpapar virus pandemi tersebut, Jumat (02/10). 

"11 orang diantaranya tercatat sebagai warga Kecamatan Pulau Punjung, satu orang warga Kecamatan Timpeh  satu orang warga Kecamatan Sitiung dan satu orang warga Kecamatan Koto Besar, " Kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas tersebut, dr Rahmadian, di Dharmasraya.(*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]