Ratusan Anak Terpapar Covid-19 di Aceh


Sabtu, 03 Oktober 2020 - 18:48:42 WIB
Ratusan Anak Terpapar Covid-19 di Aceh ilustrasi Corona

HARIANHALUAN.COM - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aceh mencatat 217 anak di provinsi tersebut terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona atau Covid-19.

Satu di antara anak yang terpapar korona tersebut meninggal. Data dari laporan IDAI dari seluruh kabupaten/kota di Aceh setiap pekan. Mereka yang masuk kelompok anak adalah berumur 0-18 tahun.

Baca Juga : Rp2,27 Triliun BLT Dana Desa Masuk ke 49 Ribu Desa

"Berdasarkan data sampai 28 September, anak yang terkonfirmasi Covid-19 ada 217 jiwa," kata Konsultan Infeksi dan Penyakit Tropis Tim Covid-19 Anak RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh Dr dr Raihan SpA(K), Sabtu (3/10/2020).

Dari 217 anak positif Covid-19, 205 anak diantaranya tanpa gejala dan 12 anak bergejala. Ada anak berusia satu tahun sembilan bulan dari Banda Aceh. Dia ada gizi buruk juga, ada komorbid (penyakit penyerta) juga, anemia

Baca Juga : Sandiaga Uno Dikunjungi Sub-Zero

Dari anggota keluarga yang positif Covid-19. Ketika dilakukan pelacakan kontak erat didapatkan anak-anak juga positif terinfeksi. Tujuh anak masih mendapatkan perawatan medis di rumah sakit. 

Salah satunya bayi yang ketika lahir di RSUD Zainoel Abidin langsung positif terinfeksi Covid-19, tertular dari ibunya positif. Enam anak lainnya juga bayi yang lahir dari ibu positif Covid-19, diantaranya lima anak masih menunggu hasil tes usap PCR, dan satu bayi hasilnya negatif. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]