Sikapi Keluhan Nelayan Maninjau Susah Pinjam Modal, Audy Joinaldy Siapkan Institusi Non Perbankan di Bawah OJK


Sabtu, 03 Oktober 2020 - 20:20:51 WIB
Sikapi Keluhan Nelayan Maninjau Susah Pinjam Modal, Audy Joinaldy Siapkan Institusi Non Perbankan di Bawah OJK Cawagub Sumbar Audy Joinaldy bersama nelayan Danau Maninjau. Ist

HARIANHALUAN.COM - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumbar, Audy Joinaldy bersilaturahmi dengan warga di sekitar Danau Maninjau di rumah gadang milik Datuak Bagindo, Nagari Tanjung Sani, Jorong Batu Nanggai, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (3/10/20).

Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama yang dihadiri oleh beberapa tokoh adat, tokoh pemuda dan nelayan disekitaran Danau Maninjau.

Dalam diskusi tersebut salah satu warga, Jhon Datuak Marhum, menyampaikan kendala yang dialami beberapa nelayan jambak di sekitaran Danau Maninjau. Ia mengatakan banyak ikan mati ketika musim angin kencang yang disebabkan oleh pakan ikan mengendap sehingga menghasilkan gas ammonia.

"Jadi ikan dalam keramba tidak mendapatkan oksigen sehingga mengakibatkan ikan mati. Nelayan-nelayan ini akhirnya merugi," kata Jhon dalam diskusi tersebut.

Selain itu, Jhon mengatakan keramba di sekitar Danau Maninjau berasal dari luar dan warga hanya sebagai pelaksana dengan sistem bagi untung. Hal ini membuat masyarakat di Danau Maninjau tidak bisa membuka modal usaha sendiri karena peminjaman bank nan sulit.

"Investasi kebanyakan dari luar sedangkan masyarakat sini hanya sebagai pelaksana. Masyarakat disini juga kesulitan meminjam uang ke bank," ucap warga Agam ini.

Menjawab hal itu, Audy mengatakan diperlukannya inklusi non perbankan. Menurut Audy, melihat kebutuhan kredit atau konsumtif di seluruh Indonesia bank hanya dapat menyanggupi Rp140 Triliun dari Rp500 Triliun.

"Institusi keuangan perbankan tidak bisa memberikan pinjaman kepada petani, nelayan, dan peternakan karena mereka tidak bisa memberikan jaminan keuangan yang bagus. Maka dari itu, perlunya peran institusi yang legal di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," tutur Milenial Minang ini.

Menurut, Audy Institusi non perbankan ini dapat memutus mata rantai tengkulak yang bersifat tidak resmi. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]