Pendaftaran Panwascam Dibuka, Posko di Sasak Ranah Pasisia Dipadati Puluhan Calon


Sabtu, 03 Oktober 2020 - 22:15:59 WIB
Pendaftaran Panwascam Dibuka, Posko di Sasak Ranah Pasisia Dipadati Puluhan Calon Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia terapkan protokol Covid-19 dalam petekrutan pengawas TPS.

HARIANHALUAN.COM - Hari pertama pendaftaran, puluhan calon untuk pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mendatangi mendatangi posko Panwascam untuk mendaftarkan diri. Banyaknya masyarakat yang mendatangi posko Panwascam tersebut membuktikan tingginya partisipasi masyarakat untuk menjadi pengawas TPS yang ada di Kecamatan itu.

Ketua Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Anton Junaidi kepada harianhaluan.com, Sabtu (3/10/2020) mengatakan, tahap awal penerimaan calon pengawas TPS dimulai sejak 3 hingga 15 Oktober dengan melalui tahapan pendaftaran, penelitian berkas administrasi dan wawancara di kantor Panwascam. Setelah itu, pada 16 Oktober dilanjutkan dengan masa perpanjangan tahap satu, pengumuman pengawas TPS terpilih pada 11 November dan dilantik pada 16 November.

Baca Juga : Sebelum Pemilihan, DPRD Paripurnakan Dua Calon Wawako Hasil Seleksi Pansus

"Kita akan menerima sebanyak 42 Pengawas TPS yang akan bekerja selama tahapan masa tugasnya nanti. Bagi yang berminat tentunya harus mengikuti tahapan yang telah ditentukan," ujar Anton.

Dia menambahkan, adapun persyaratan yang harus dipenuhi para calon diantaranya, umur minimal 25 tahun dan tidak terlibat dalam partai politik. Untuk informasi perekrutan ini, sebelumnya juga telah disebarluaskan melalui media sosial dan papan pengumuman. "Sebelumnya info ini juga telah kita sebarkan melalui media sosial. Sesuai aturan jumlah pendaftar harus dua kali lipat keutuhan, jika tidak terpenuhi di gelombang pertama akan dilanjutkan dengan tahapan perpanjangan," ujarnya.

Baca Juga : KPU Inhu Tetapkan Rezita dan Junaidi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Sementra itu, Kepala Sekretariat Panwascam Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Dendi Hardiman mengatakan, selama perekrutan pihaknya akan menerapkan protokol Covid-19 seperti melakukan scanning dengan mengajurkan cuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak serta tetap menggunakan masker saat berada dilingkungan kantor Panwascam.

"Kami sudah sediakan sarana penunjang pencegahan Covid-19 dan berharap masyarakat yang ingin mendaftarkan dori bisa mematuhi aturan tersebut demi keselamatan bersama," tutupnya. (*)

Reporter : Fadli | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]