Rapat Malam-malam Bukan Kejar Tayang, Baleg DPR: RUU Ciptaker Akan Dibawa ke Paripurna


Ahad, 04 Oktober 2020 - 10:13:38 WIB
Rapat Malam-malam Bukan Kejar Tayang, Baleg DPR: RUU Ciptaker Akan Dibawa ke Paripurna .Wakil Ketua Baleg DPR RI, Achmad Baidowi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Wakil Ketua Baleg DPR RI, Achmad Baidowi atau yang akrab disapa Awiek, menjelaskan mengapa Baleg DPR dan pemerintah membahas RUU Ciptaker di malam Minggu dengan hasil persetujuan untuk dibawa ke paripurna DPR. Awiek mengatakan seluruh tahap pembahasan RUU Ciptker telah usai dan rapat ini telah berizin.

"Karena sesuai tahapannya, pembahasan RUU sudah selesai dan memang harus dibahas, harus diputuskan dan di akhir pekan tidak ada masalah karena kita panja Ciptaker sudah diberi izin oleh pimpinan DPR untuk menggelar rapat di akhir pekan. Bahkan hari libur pun digunakan untuk rapat kerja itu sudah diizinkan pimpinan DPR," kata Awiek kepada wartawan, Minggu (4/10/2020).

Awiek menegaskan rapat antara Baleg dan pemerintah masih sesuai aturan jam meski digelar malam-malam. Aturan rapat kerja itu pun, menurut Awiek, sesuai dengan Surat Edaran (SE) pimpinan DPR.

"Bukan rapat tengah malam, jadi rapatnya itu rapat kerjanya mulai 21.00 WIB. Sesuai tatib dan SE pimpinan DPR itu masih di bawah batas waktu maksimal ketika memulai rapat," ucap Wasekjen PPP itu.

Selain itu, Awiek tak sepakat jika Baleg disebut kejar tayang dalam pembahasan RUU Ciptaker. Awiek mengatakan sesuai kesepakatan fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) pimpinan DPR, batas atas pembahasan suatu RUU tiga kali masa sidang.

"Kemudian kita Panja Ciptaker dibatasi limitasi waktu, bukan kejar tayang, tetapi sesuai kesepakatan fraksi dan AKD pimpinan DPR bahwa maksimal waktu pembahasan RUU itu 3 kali masa sidang dan ini sudah masuk masa sidang yang ketiga. Tidak ada yang terlewati baik secara prosedural. Cuma alasannya kenapa bukan hari kerja ya tidak ada masalah sebenarnya, karena memang waktunya pembahasannya sudah selesai," imbuhnya.

Sebelumnya, Baleg bersama pemerintah menyetujui RUU Ciptaker dibawa ke rapat paripurna. Sebanyak 7 fraksi menyetujui, sementara 2 fraksi yakni F-Demokrat dan F-PKS menolak RUU Ciptaker dibawa ke paripurna.

Kesepakatan dibawanya RUU Ciptaker ke paripurna dalam rapat bersama yang dipimpin Ketua Baleg Supratman Andi Agtas, di gedung DPR, Sabtu (3/10). Rapat ini juga dihadiri langsung oleh seluruh fraksi DPR RI, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, serta perwakilan DPD RI. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]