Biar Gak Ganggu, Berikut Cara Matikan Notifikasi saat Main Game di HP


Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:06:23 WIB
Biar Gak Ganggu, Berikut Cara Matikan Notifikasi saat Main Game di HP Ilustrasi main game. Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Para pehobi main game di smartphone atau HP pasti pernah mengalami mendapatkan gangguan berupa notifikasi dari aplikasi lain saat sedang seru-serunya bermain game. Kesal? Pasti. Jengkel? Pasti. Kalah? Bisa jadi.

Karena notifikasi yang muncul saat sedang bermain game di HP selain menghilangkan konsentrasi dan mengganggu tampilan dalam game, tentunya juga bisa mengakibatkan gangguan lainnya yang lebih parah seperti lag atau bahkan koneksi terputus.

Lantas, adakah cara untuk mengatasinya? Tenang, seperti dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (6/10/2020), ada beberapa cara matikan notifikasi saat main game di HP agar kalian terhindar dari gangguan yang menyebalkan tersebut.

1. Matikan notifikasi manual

Cara pertama ini sangat simpel dan tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, yaitu dengan cara matikan notifikasi aplikasi melalui pengaturan smartphone.

Caranya pun cukup mudah, kalian tinggal pergi ke pengaturan smartphone. Lalu di sana ada menu pemberitahuan atau notification, setelah kalian masuk ke sana nantinya akan muncul list aplikasi yang mau kalian blokir notifikasinya.

Silakan kalian klik aplikasi yang ingin diblokir lalu nonaktifkan "izin pemberitahuan atau notification". Untuk menghidupkannya kembali kalian hanya perlu menghidupkan menu yang tadi juga.

2. Aktifkan fitur "Do Not Disturb"

Bila dengan cara pertama kalian kerepotan bila harus mematikan notifikasi aplikasi satu persatu, cara kedua ini akan lebih simpel dengan juga memanfaatkan fitur yang ada di HP Android, yakni fitur ‘Jangan Ganggu‘ atau ‘Do Not Disturb‘ (sudah hadir di Android Lollipop dan dapat perubahan di Android Marshmallow).

Fitur ‘Jangan Ganggu’ atau ‘Do Not Disturb’ ini bisa kamu temui di Quick Setting — menu yang muncul saat kamu menggeser dari pinggir atas ke bawah.

Jika fitur ini diaktifkan, Android akan mematikan semua notifikasi untuk sementara, tergantung pilihan yang kamu ambil. Fitur ini memiliki pilihan: Senyap total (Total silence), Hanya alarm (Alarm only), dan Hanya Prioritas (Priority only), serta bisa diatur waktunya sesuka hati kita.

3. Menggunakan aplikasi Notification Blocker & Cleaner

Selain memanfaatkan fitur bawaan dari HP untuk mematikan notifikasi aplikasi lain saat bermain game, kalian juga bisa menggunakan aplikasi pemblokir notifikasi, seperti Notification Blocker & Cleaner.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup install aplikasi tersebut lalu pergi ke menu setting dan pilih aplikasi yang ingin kalian blokir notifikasinya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membersihkan semua notifikasi yang menumpuk dengan sekali sentuh, jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi geser notifikasi satu-satu untuk membersihkannya.

Kalian bisa mengunduh aplikasi Notification Blocker & Cleaner DI SINI.

4. Menggunakan aplikasi Gaming Mode

Selain menggunakan aplikasi pemblokir notifikasi, kalian juga bisa menggunakan aplikas pihak ketiga yakni Gaming Mode. Kelebihan aplikasi ini, selain dapat digunakan untuk mematikan notifikasi aplikasi lain saat bermain game, juga memiliki fitur-fitur pendukung lainnya untuk mendukung aktivitas gaming kita, seperti Auto Reject Call, Change Auto Brightness, Clear Background App, dan lainnya.

Untuk mematikan notifikasi saat main game dengan aplikasi ini juga cukup mudah, berikut ini caranya:

- Install aplikasinya, unduh DI SINI

- Saat aplikasi pertama kali dijalankan, akan ditampilkan fitur-fitur yang ditawarkan, geser ke kanan hingga muncul tombol finish.

- Buka aplikasinya dan tambahkan game yang ada di daftar aplikasi dengan menekan tombol + di kanan bawah.

- Masuk ke menu Global Settings (tombol gear di kanan atas) untuk menyesuaikan pengaturan.

- Jangan lupa untuk mengaktifkan aplikasi dengan menyalakan switch yang ada di bagian kanan atas halaman Global Settings.

- Aktifkan fitur Notification Blocking untuk mematikan dan menyembunyikan notifikasi yang datang dari aplikasi lain

Notifikasi aplikasi lain akan disembunyikan dan tidak akan tampil selama kalian bermain game. Bagaimana, mudah bukan? Sekarang, tak ada lagi alasan kalah main game karena notifikasi yang mengganggu ya!. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]