Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit


Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:18:06 WIB
Pandemi Covid-19, Begini Kinerja Emiten Farmasi dan Rumah Sakit Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Industri farmasi dan rumah sakit menghadapi tantangan yang cukup berat di era pandemi Covid-19 seperti ini. Masyarakat yang menunda kunjungan ke rumah sakit menekan penjualan obat-obatan dan pemasukan dari jasa layanan kesehatan yang berimbas pada penurunan penjualan, bahkan penurunan laba bagi emiten di kedua sektor tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan Head of Public Relations, Dila Karinta, disampaikan bahwa pada masa pandemi, kunjungan ke institusi kesehatan, seperti klinik dan rumah sakit turun drastis. Dengan turunya kunjungan ke rumah sakit tentu akan berdampak pada penjualan dan akhirnya mempengaruhi keuntungan emiten rumah sakit.

"Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh BPS menunjukan bahwa pada Triwulan II 2020, sektor jasa kesehatan mengalami penurunan sebesar -4,15% dibandingkan kuartal sebelumnya," katanya.

Riset Lifepal.co.id menemukan, meskipun menurut data BPS tersebut terjadi penurunan pertumbuhan pada sektor jasa kesehatan, nyatanya ada emiten-emiten farmasi dan rumah sakit yang pergerakan harga sahamnya masih di atas performa Indeks Konsumer dan Indeks Perdagangan dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sebaliknya, ada pula yang performanya di bawah performa kedua indeks tersebut.

Sebagai informasi, emiten-emiten saham farmasi berada di lingkup Indeks Konsumer, sedangkan emiten-emiten saham rumah sakit tergolong pada Indeks Perdagangan. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]