Besok, Giliran Istana akan Didemo Mahasiswa dan Buruh


Rabu, 07 Oktober 2020 - 18:08:27 WIB
Besok, Giliran Istana akan Didemo Mahasiswa dan Buruh Ilustrasi..Aliansi BEM Sumbar Gelar Aksi Demo Tolak Omnibus Law. (dok.Harianhaluan.com)

HARIANHALUAN.COM-Dengan kekuatan diperkirakan lebih sepuluh ribuan mahasiswa akan berdemo bersama gabungan buruh ke Istana Merdeka, besok Kamis (8/10/2020).

Mereka berasal dari  sekitar 300 kampus di seluruh Indonesia yang bergabung dalam aksi ini.

"Kami dari Aliansi BEM SI akan melaksanakan aksi nasional yang dilaksanakan terpusat di Istana Merdeka pada 8 Oktober 2020 dan akan ada aksi serentak menuju tanggal 8 Oktober 2020 di wilayah masing-masing," kata Koordinator Media Aliansi BEM SI Andi Khiyarullah.

Andi mengatakan BEM SI akan menolak UU Cipta Kerja dan menolak opsi alternatif untuk menempuh jalur judicial review (JR). Pihaknya juga akan mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan perppu.

"Secara narasi, kita sepakat menolak dan mengusahakan alternatif lain seperti JR dan mendesak Presiden untuk mengeluarkan perppu," ujarnya.


Andi mengatakan perencanaan aksi ini sudah dikonsolidasikan dengan kampus seluruh Indonesia sejak 5 Oktober lalu. Aliansi BEM SI sepakat untuk menggelar aksi Kamis besok.

Bersama mahasiswa, para buruh  juga  menggelar aksi   unjuk rasa ke Istana Negara, Kamis besok.

Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) rencananya bakal mengalihkan titik aksi unjuk rasa ke Istana Negara. Sebab menurut  Ketua KASBI Nining Elitos,   DPR saat ini tengah menjalani masa reses usai pengesahan UU Omnibus Law Ciptaker 5 Oktober lalu.

Sebelum aksi besok, ia menyebut massa buruh dari KASBI tetap melakukan aksi di berbagai daerah untuk menyuarakan penolakan terhadap UU Omnibus Law Ciptaker.

"Pagi masih di depan pabrik setelah itu baru terpusat di daerah masing-masing," ucap dia. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]