Panas! 4 Negara Ini Bakal Bersatu Lawan China


Rabu, 07 Oktober 2020 - 20:10:51 WIB
Panas! 4 Negara Ini Bakal Bersatu Lawan China Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan China masih terus memanas. Setelah ribut di sidang umum PBB, kali ini AS datang ke Jepang, khusus untuk menggalang dukungan melawan China.

Sebagaimana dimuat AFP, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengunjungi Tokyo untuk menyerukan kolaborasi yang lebih dalam. Bukan hanya ke Jepang, tapi ke negara yang tergabung dengan Quad lain yakni India dan Australia.

"Sebagai mitra di Quad ini, sekarang lebih penting daripada sebelumnya bahwa kami berkolaborasi untuk melindungi orang-orang dan mitra kami dari eksploitasi, korupsi, dan pemaksaan PKC (Partai Komunis China)," kata Pompeo pada Selasa (6/10/2020).

"Kami melihatnya di Laut Cina Selatan dan Timur, Mekong, Himalaya, Selat Taiwan."

Dalam wawancara dengan surat kabar Nikkei Jepang, Pompeo juga berbicara tentang memformalkan Quad. Bahkan kelompok ini akan diperluas dengan menambah sejumlah negara lain.

"Setelah kami melembagakan apa yang kami lakukan, kami berempat dapat mulai membangun kerangka keamanan yang benar," kata Pompeo.

AS sendiri bersitegang dengan China soal banyak hal. Mulai dari perdagangan dan elektronik, Hong Kong, Taiwan, Laut China Selatan hingga corona.

Jepang berkonflik soal kepemilikan Pulau Senkaku/Diaoyu sementara India panas dengan China dataran tinggi Ladakh. Australia juga mengalami boikot produk oleh China karena komentar soal corona.

Analis mengatakan pengelompokan formal yang dirujuk oleh Pompeo ini mungkin tidak akan pernah terbentuk, mengingat kebutuhan negara-negara di kawasan itu untuk menyeimbangkan hubungan mereka dengan China. Tetapi ini bisa jadi peringatan bagi Beijing, bahwa Quad bisa saja akan menjadi NATO di Eropa yang menahan Uni Soviet.

Sebagian besar sekutu AS di Asia bergantung pada China untuk perdagangan. China adalah tujuan utama ekspor Australia pada 2019, tujuan nomor dua untuk ekspor Jepang, dan tujuan nomor 3 untuk ekspor India, menurut statistik perdagangan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang disusun oleh Refinitiv.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan setelah pembicaraan tersebut, negara-negara tersebut telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan maju dengan pembicaraan praktis tentang infrastruktur, keamanan siber, dan bidang lainnya.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan lingkungan strategis di Indo-Pasifik menjadi lebih kompleks, dan tekanan pada aturan yang mendukung stabilitas regional dapat merusak pemulihan dari pandemi Covid-19.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 23:06:20 WIB

    Panas! Trump-Xi Jinping Perang Kata di Tengah Sidang Umum PBB

    Panas! Trump-Xi Jinping Perang Kata di Tengah Sidang Umum PBB HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping perang kata di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Trump menyalahkan China atas merebaknya pandemi Corona, sedangkan Xi J.
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 06:12:54 WIB

    Tensi Makin Panas! AS Siagakan Tujuh Kapal Selam di Laut China Selatan

    Tensi Makin Panas! AS Siagakan Tujuh Kapal Selam di Laut China Selatan HARIANHALUAN.COM -- Tensi antara Amerika Serikat (AS) dan China memanas di berbagai medan, tidak terkecuali di Laut China Selatan. Terbaru, AS mengirim tujuh kapal selam milik AL ke Laut China Selatan. Menurut salah satu .
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 20:15:13 WIB

    Makin Panas! Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Bidik Armada AS

    Makin Panas! Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Bidik Armada AS HarianHaluan.com - Unjuk kekuatan militer antara China dan Amerika Serikat (AS) membuat situasi di Laut China Selatan semakin memanas. Setelah muncul kabar bahwa AS bakal mengirim kapal induk nuklir USS Theodore Roosevelt, Ch.
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 08:04:32 WIB

    Makin Panas! Trump Siap Jatuhkan Sanksi ke China, Jika..

    Makin Panas! Trump Siap Jatuhkan Sanksi ke China, Jika.. Hubungan Amerika Serikat dan China sepertinya bakal makin panas ke depan. Para senator AS, dari partai Republik, mengusulkan undang-undang yang akan memberi wewenang kepada Presiden AS Donald Trump untuk menjatuhkan sanks.
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 22:35:25 WIB

    Panas! Amerika Serikat Batasi Izin Tinggal Wartawan China

    Panas! Amerika Serikat Batasi Izin Tinggal Wartawan China Amerika Serikat (AS) baru saja mengeluarkan peraturan baru untuk memperketat masuknya wartawan asal China. Kebijakan ini merupakan balasan yang diberikan oleh Amerika Serikat karena tidak menerima perlakuan yang diberikan Chi.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]