Di Tingkat ASEAN, Kemudahan Berbisnis Singapura Tertinggi, Indonesia Peringkat 6


Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:38:51 WIB
Di Tingkat ASEAN, Kemudahan Berbisnis Singapura Tertinggi, Indonesia Peringkat 6 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Di antara negara-negara ASEAN, Singapura-lah yang menjadi juaranya. Singapura tercatat berada pada peringkat 2 di dunia atau peringkat 1 di ASEAN pada tahun 2019, sedangkan Indonesia tercatat pada peringkat 73 di dunia atau peringkat 6 di ASEAN. Sedangkan peringkat terakhir di ASEAN ditempati oleh Laos. Laos konsisten dari tahun 2010 sampai 2019 selalu menempati peringkat terakhir.

"Bahwa Indonesia mengalami kenaikan peringkat dari 2010 sampai 2019. Di tahun 2010, Indonesia berada di peringkat 126, tapi di 2019 sekarang indonesia berada di peringkat 73," Head of Public Relations, Dila Karinta dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Kamis (8/10/2020).

Riset Bank Dunia menyebutkan, perusahaan yang beroperasi di negara berkembang kesulitan membayar upah minimum karena rasionya terlalu tinggi jika dibandingkan dengan median laba yang dibukukannya. Hal serupa tidak terjadi di negara maju. Ini bisa menjadi alasan bahwa peringkat ease of doing businessnegara-negara berekembang di ASEAN cenderung stagnan.

Ada beberapa hal yang menjadikan Singapura menjadi negara terbaik di ASEAN dalam hal indeks kemudahan berbisnis. Singapura dapat secara konsisten mencapai skor yang baik dalam hal risiko politik, produktivitas tenaga kerja, kualitas hidup, pajak yang atraktif, infrastruktur, dan efisiensi birokrasi.

Terlihat bahwa diantara negara negara ASEAN, SIngapura lah yang tercatat menerima Foreign Direct Investment terbesar. Berdasarkan Singapore Department of Statistics (DOS), Amerika Serikat adalah negara yang memberikan FDI terbesar kepada negara tersebut.

Indonesia tercatat menempati peringkat kedua penerima FDI terbesar di antara negara-negara ASEAN. Berdasarkan data BKPM, Indonesia mendapat FDI terbesar dari Singapura.

Ada 2 negara yang berada di atas rata-rata penerimaan FDI negara ASEAN. Kedua negara tersebut adalah Singapura dan Indonesia. Sementara itu, negara-negara yang berada di bawah rata-rata adalah Malaysia, Vietnam, Filipina, Laos, Kamboja, Thailand, dan Brunei.

Pada grafik tersebut, Indeks Kemudahan Berbisnis atau Ease Doing Business di Indonesia selalu meningkat. Sejak tahun 2010 hingga tahun 2014, perbaikan peringkat Indeks Kemudahan Berbisnis selaras dengan kenaikan jumlah investasi asing langsung (FDI) yang masuk ke Indonesia. 

Memang, pada tahun 2015 dan 2016, jumlah FDI justru bergerak berlawanan arah dengan indeks Kemudahan Berbisnis yang justru membaik. Namun, tren kenaikan pada jumlah FDI kembali meningkat di tahun 2017, seiring dengan kenaikan Indeks Kemudahan Berbisnis Indonesia.

Tren kenaikan jumlah FDI pun ditunjukkan Singapura sepanjang 9 tahun terakhir. Meskipun pada tahun 2015 sempat turun hingga peringkat 3 lalu membaik ke peringkat 2 di empat tahun berikutnya, FDI ke negara tersebut terus meningkat. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]