Optimalkan WP, Kanwil DJP Sumbar Lakukan Upaya Pengamanan Penerimaan Pajak


Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:44:02 WIB
Optimalkan WP, Kanwil DJP Sumbar Lakukan Upaya Pengamanan Penerimaan Pajak Kanwil DJB Sumbar. Ist

HARIANHALUAN.COM - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumbar dan Jambi optimis untuk dapat meningkatkan dan mencapai realisasi penerimaan Pajak sampai akhir tahun 2020.

Plh Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi, Maulana Abdullah mengatakan adapun upaya pengamanan penerimaan yang dilakukan Kanwil DJP Sumbar dan Jambi yakni, pertama melakukan pembayaran masa telah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Dengan cara memastikan pembayaran masa telah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Mengevaluasi kebenaran perhitungan dan pembayaran pajak oleh wajib pajak pada tahun sebelumnya. Bila belum sesuai akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Maulana, kemarin.

Kedua, melakukan penggalian potensi pajak berdasarkan data internal dan eksternal, teemasuk menggunakan data online. Ketiga, melakukan percepatan penyelesaian pemeriksaaan terutama pemeriksaan rutin dan khusus.

"Keempat, melakukan tindakan penagihan prioritas terhadap Wajib Pajak yang tidak terdampak Covid-19. Kelima, melakukan percepatan penyelesaian permohonan keberatan yang memiliki implikasi terhadap penerimaan," terang Maulana.

Keenam, koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengawal pembayaran pajak pusat yang dipungut oleh Pemerintah Daerah. Ketujuh, mendorong Pemerintah Daerah untuk berperan mengoptimalkan penenimaan pajak pusat dari penggunaan APBD.

"Hal ini melalui memotong/memungut pajak dan menyetorkan ke kas negara setiap pajak pusat yang terkait dengan belanja daerah secara benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mengimplementasikan Permendagri Nomor 112 Tahun 2016 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dalam pembenan layanan tertentu. Serta, mensyaratkan NPWP yang telah terdaftar pada setiap lokasi kegiatan usaha untuk perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di wilayah Sumbar," ucap Maulana.

Selain itu, kata Maulana, strategi Kanwil DJP Sumbar dan Jambi dalam mengejar kepatuhan antara lain meminta perusahaan/pemberi kerja dengan jumlah karyawan cukup banyak untuk memastikan karyawannya telah menyampaikan SPT Tahunan PPh.

"Serta mengimbau Wajib Pajak yang tahun lalu lapor, sedangkan tahun ini belum lapor, serta mengimbau WP yang telah bayar pajak Final PP 23 (UMKM) untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]