Berkat JKN-KIS, Wiwid Terbebas dari Biaya Perawatan RS Hingga Puluhan Juta


Kamis, 08 Oktober 2020 - 18:02:48 WIB
Berkat JKN-KIS, Wiwid Terbebas dari Biaya Perawatan RS Hingga Puluhan Juta Wiwid Sulastri adalah seorang anggota JKN-KIS Kelas 2 yang terbebas dari biaya RS berkat JKN -KIS

HARIANHALUAN.COM-- BPJS Kesehatan sebagai badan hukum yang diamanahkan untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

Kehadiran program JKN-KIS yang sangat dirasakan oleh Wiwid Sulastri (30) yang telah membantunya untuk meringankan biaya perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir Kota Solok. "Keberadaan program ini sungguh besar pertolongannya. Tiga hari anak saya dirawat di RSUD M. Natsir Kota Solok dan tidak ada membayar sepersen pun," kata Wiwid kepada Harianhaluan.com, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, jika pasien masuk jalur umum, selama tiga hari perawatan tersebut akan memakan biaya sekitar Rp20 juta. Tentu terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sungguh dirasakan sekali manfaatnya oleh Wiwid.

"Saya sangat berterimakasih dengan keberadaan program ini. Mudah-mudahan kedepannya program akan lebih bermanfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat yang ekonomi menengah kebawah," terang Wiwid lagi.

Wiwid merupakan peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang didaftarkan oleh perusahaan tempat ia bekerja di kelas rawatan II. Yang iuran perbulan dibayarkan 4% dari perusahaan dan 1% dari gaji pekerja. iuran perbulannya masih terjangkau. 

"Menurut saya iurannya masih sangat terjangkau, tidak sebanding dengan manfaat yang didapatkan sangat luar biasa. Sedangkan untuk fasilitas bagi pasien ruang rawat inap kelas II pun 3-5 orang dalam satu ruang, tidak terlalu banyak dan masih nyaman," guraunya sambil tertawa kecil.

Ditambahkannya, untuk kepengurusan untuk mendaftar pun sangat mudah. Karena pada saat memasukkan nama anaknya ke dalam kepesertaan JKN-KIS tanggungannya tidak memakan waktu lama.
"Untuk kepengurusan mendaftar pun sangat mudah dan hanya hitungan jam. Ketika itu suami saya yang ngurus, sangat cepat dengan proses administrasi yang mudah dan tidak berbelit-belit," tukasnya lagi. (*)


 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]