Awasi Pilkada, Bawaslu Pasaman Rekrut 707 Pengawas TPS


Kamis, 08 Oktober 2020 - 20:34:49 WIB
Awasi Pilkada, Bawaslu Pasaman Rekrut 707 Pengawas TPS Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, MA (Baju Kuning).

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman akan merekrut 707 orang untuk menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada 9 Desember 2020. Mereka nantinya akan ditempatkan di setiap TPS di daerah itu. Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, perekrutan pengawas TPS ini sudah dibuka sejak 3 sampai dengan 15 Oktober 2020. 

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai pengawas TPS, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. "Diantaranya, pendidikan minimal SMA dan usia minimal 25 tahun, tidak pernah dipidana serta tidak terdaftar sebagai anggota partai politik, dengan melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai," ungkap Rini, Kamis (8/10/2020).

Untuk formulir pendaftaran beserta persyaratan lainnya, kata Rini, bisa didapatkan di Kantor Panwaslu ditiap kecamatan. Selain syarat umum yang sudah tertera, Bawaslu mewajibkan pendaftar pengawas TPS sehat jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

"Saat ini proses rekrutmen masih berlangsung. Masyarakat bisa mendaftarkan diri langsung ke kantor Panwascam, dan kalau ingin melihat persyaratan bisa melihat di web resmi milik Bawaslu Pasaman," katanya. 

Dia menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pendaftaran pengawas TPS ini, dengan cara menempelkan selembaran di kantor-kantor nagari dan ditempat strategis di kampung-kampung. "Dengan upaya ini, kita berharap adanya peran aktif masyarakat untuk dapat terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada, sehingga dapat tercipta Pilkada yang aman, luber dan jurdil," tutupnya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]