Tok! Batas Tertinggi Tes Swab Mandiri Ditetapkan Rp900 Ribu


Kamis, 08 Oktober 2020 - 23:08:06 WIB
Tok! Batas Tertinggi Tes Swab Mandiri Ditetapkan Rp900 Ribu ilustrasi tes PCR

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Dalam surat edaran itu disebutkan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab adalah Rp900 ribu.

Batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri. Dalam surat edaran yang ditandatangani Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir, Senin (5/10) ini, disebutkan bahwa penetapan standar tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR dilakukan dengan mempertimbangkan komponen jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai dan reagen, komponen biaya administrasi, dan komponen lainnya.

“Memang penetapan batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR ini perlu kita tetapkan. Penetapan batas tarif ini melalui pembahasan secara komprehensif antara Kemenkes dan BPKP terhadap hasil survei serta analisis yang dilakukan pada berbagai fasilitas layanan kesehatan,” katanya.

Disampaikan Kadir, batasan tarif tertinggi itu tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau merupakan bagian dari penjaminan pembiayaan pasien Covid-19.

Terhadap harga yang telah ditetapkan ini, BPKP dan Kemenkes akan melakukan evaluasi secara periodik dengan memperhitungkan perubahan harga dalam komponen pembiayaan. “Untuk itu kami meminta kepada seluruh dinas provinsi, kabupaten dan kota untuk melakukan pengawasan terhadap fasilitas layanan kesehatan dalam hal pemberlakuan harga tertinggi pengambilan swab PCR,” tutur Kadir. (*)

loading...
 Sumber : Setkab.go.id /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 19:56:30 WIB

    Tok! DPR Sahkan RUU Cipta Kerja

    Tok! DPR Sahkan RUU Cipta Kerja  HARIANHALUAN.COM-Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) akhirnya disetujui DPR RI  menjadi  UU Ciptaker dalam rapat Paripurna, Senin petang (5/10/2020)..
  • Senin, 28 September 2020 - 18:55:09 WIB

    Tok! DPR RI Setuju Pengenaan Tarif Layanan Sertifikasi Halal

    Tok! DPR RI Setuju Pengenaan Tarif Layanan Sertifikasi Halal HARIANHALUAN.COM - Komisi VIII DPR RI menyetujui usulan penetapan nominal tarif layanan sertifikasi halal yang diajukan oleh Kementerian Agama..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 10:53:53 WIB

    Tok! Pemerintah Putuskan Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini

    Tok! Pemerintah Putuskan Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Agama menyampaikan keputusan bahwa pelaksanaan haji 2020 untuk jemaah Indonesia tidak ada. Hal ini disampaikan langsung Menteri Agama, Fachrul Razi..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 11:51:57 WIB

    Tok! Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona Hingga 29 Mei 2020

    Tok! Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona Hingga 29 Mei 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia. Masa darurat ditetapkan hingga 29 Mei 2020..
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 01:17:02 WIB

    Tok! Menag-DPR Sahkan Biaya Haji 2020 Sebesar Rp35,2 Juta

    Tok! Menag-DPR Sahkan Biaya Haji 2020 Sebesar Rp35,2 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati besaran rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Tahun 1441H/2020M atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]