WhatsApp Umumkan Fitur Baru, Apa Saja Ya?


Jumat, 09 Oktober 2020 - 10:46:28 WIB
WhatsApp Umumkan Fitur Baru, Apa Saja Ya? ilustrasi WhatsApp

HARIANHALUAN.COM - WhatsApp baru saja mengumumkan fitur pencarian media yang kini sudah tersedia di layanan pesan instan untuk perangkat Android. "Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pencarian media seperti foto, file GIF, tautan, video, dokumen dan audio yang ada pada perbincangan (chat) di Whatsapp," demikian disebutkan Whatsapp lewat cuitan di akun resmi, Jumat (9/10/2020).

Sebelumnya fitur ini baru tersedia untuk pengguna iOS dan telah diluncurkan untuk para pengguna Whatsapp beta. Pengguna iPhone telah mendapat pembaruan ini beberapa bulan lalu. Selain itu, pengguna Whatsapp juga masih harus bersabar dengan sederatan fitur baru lain. Sebagian fitur itu masih dalam pengujian untuk pengguna beta.

Berikut sejumlah fitur baru yang akan meluncur bagi para pengguna Whatsapp.

1. Dipakai di 4 perangkat sekaligus
WhatsApp akan segera menghadirkan fitur dukungan yang bisa menggunakan akun Whatsapp di empat perangkat sekaligus. Namun, saat ini fitur itu masih dalam tahap akhir pengembangan. Jika sudah selesai, para penggana Whatsapp beta bakal bisa mencicip terlebih dulu. Dengan fitur ini, pengguna masih bisa menggunakan WhatsApp di laptop menggunakan Whatsapp Web meski saat ponsel atau perangkat lain mati.

2. Pesan terjadwal untuk hilang otomatis
Layanan pesan instan itu juga tengah menyiapkan fitur agar pengguna bisa menjadwalkan agar sebuah pesan bisa hilang otomatis. Cara ini lebih mudah ketimbang menghapus pesan secara manual. Misal, pengguna bisa menyetel agar sebuah pesan setelah tujuh hari. Maka, WhatsApp secara otomatis akan menghapus pesan tersebut. Pesan pun akan terhapus secara otomatis di kedua belah pihak, baik si pengirim maupun penerima tanpa jejak. Maksudnya, tidak ada tanda bahwa pesan itu sudah dihapus seperti fitur menghapus pesan yang ada saat ini. Fitur ini sudah tersedia bagi pengguna Whatspp Beta.

3. Bisukan notifikasi selamanya
Sebelumnya pengguna WhatsApp hanya bisa membisukan notifikasi dalam tiga pilihan yakni, 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Kini, WhatsApp mengeluarkan wacana untuk penggunanya agar bisa mematikan notifikasi grup selamanya. Rencananya fitur ini akan menggantikan fitur mute setahun. Selain itu, opsi mute selamanya ini tak hanya berlaku untuk grup, bisa juga diterapkan pada chat orang tertentu. Hal ini mungkin berguna untuk grup yang dianggap mengganggu namun segan untuk keluar. Sehingga, notifikasi grup itu tak perlu dilihat pengguna.

4. Mudah hapus file besar
Whatsapp seringkali menjadi aplikasi yang menyita volume penyimpanan terbesar. Namun, pengguna seringkali kesulitan menyortir pesan mana yang paling memakan memori. Dengan fitur Storage Usage yang akan memudahkan pengguna untuk menghapus file-file besar. Pengguna mesti melakukan filter terlebih dulu untuk menemukan file berukuran besar.

Lantas, WhatsApp akan menginformasikan berapa besar file yang ada dalam tiap chat. Pengguna pun bisa memilih file dari chat mana yang akan dihapus. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:28:34 WIB

    WhatsApp Siapkan Face Unlock untuk Pengguna Android

    WhatsApp Siapkan Face Unlock untuk Pengguna Android HARIANHALUAN.COM - WhatsApp dilaporkan akan menghadirkan fitur Face Unlock untuk pengguna Android. Fitur itu saat ini baru terlihat dalam pembaruan baru Program Beta Google Play versinya ke 2.20.203.3..
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 23:49:00 WIB

    Belanja Kini Bisa Lewat WhatsApp, Peluang Nih Buat UMKM untuk Memulai Bisnis

    Belanja Kini Bisa Lewat WhatsApp, Peluang Nih Buat UMKM untuk Memulai Bisnis HARIANHALUAN.COM - WhatsApp resmi meluncurkan fitur belanja bagi pengguna di sejumlah negara termasuk Indonesia. WhatsApp mengklaim fitur tambahan itu untuk membantu para pelaku bisnis dan konsumen berniaga di aplikasi WhatsA.
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 13:07:01 WIB

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya

    WhatsApp Tambah 4 Fitur Baru, Bisa Mute Selamanya HARIANHALUAN.COM - WhatsApp dilaporkan telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, yaitu versi 2.20.201.10 dengan membawa empat fitur baru, salah satunya fitur "selalu bisukan" atau mute selamanya..
  • Sabtu, 03 Oktober 2020 - 16:38:51 WIB

    Kejutan, Empat Fitur Ini Baru Diluncurkan WhatsApp

    Kejutan, Empat Fitur Ini Baru Diluncurkan WhatsApp HARIANHALUAN.COM- "Selalu bisukan" atau mute selamanya menjadi salah satu dari  empat fitur baru yang diluncurkan WhatsApp dan telah mendaftarkan pembaruan untuk Google Play Beta Program, Sabtu ini (3/10/2020).
  • Sabtu, 03 Oktober 2020 - 10:37:12 WIB

    Boleh Coba! Aplikasi SMS Android Kini Seseru WhatsApp

    Boleh Coba! Aplikasi SMS Android Kini Seseru WhatsApp HARIANHALUAN.COM - Layanan Rich Communication Services (RCS) untuk Android kini bisa dicicipi di Indonesia. Alhasil mengirim pesan lewat aplikasi SMS di Android seseru WhatsApp..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]