Muhammad Rayhan: Bazaar New Normal, Sarana Adaptasi Membangun Kembali Bisnis UMKM yang Runtuh Dilanda Pandemi


Jumat, 09 Oktober 2020 - 17:33:28 WIB
Muhammad Rayhan: Bazaar New Normal, Sarana Adaptasi Membangun Kembali Bisnis UMKM yang Runtuh Dilanda Pandemi Direktur Regional Haluan Media Grup, Muhammad Rayhan.

HARIANHALUAN.COM - Selama masa pandemi Covid-19 pemerintah memberlakukan PSBB yang berdampak pada perekonomian masyarakat secara keseluruhan, termasuk juga UMKM.

Secara umum selama pandemi ini daya beli masyarakat berkurang dan dampaknya daya produksi UMKM juga melemah.

Menyikapi hal tersebut Direktur Regional Haluan Media Grup, Muhammad Rayhan menginisiasi Bazaar New Normal untuk mendukung UMKM yang terdampak efek domino dari Covid-19 agar tetap produktif pasca masa PSBB. Muhammad Rayhan menyatakan, "Ini adalah masa transisi kehidupan kita sebagai manusia. Hakikatnya manusia adalah makhluk cepat beradaptasi dalam berbagai keadaan. Dengan kemampuan akal dan kerjasama, tersirat dalam catatan sejarah, bahwa manusia mampu membangun peradaban dan menjawab tantangan zamannya untuk kehidupan. Ini adalah langkah awal kita beradaptasi untuk membangun kembali puing-puing yang runtuh."

Bazar New Normal yang diselenggarakan melalui Haluan EO ini dibuka oleh Plt. Wali Kota Padang Hendri Septa dan juga didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Padang. Acara yang diadakan untuk menyambut era new normal ini diselenggarakan di Basko Grand Mall pada tanggal 1-7 Oktober 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Haluan Media Grup melalui Haluan EO ini dinilai sukses, pasalnya sebanyak 18 UMKM yang bergabung dalam kegiatan ini mengalami peningkatan penjualan yang cukup tajam.

Peningkatan penjualan UMKM tersebut bisa tercapai karena diadakannya promo live Shopping melalui akun instagram Haluan EO, sehingga masyarakat yang ingin membeli produk UMKM yang bersangkutan bisa memesan via online ke akun sosial media Haluan EO ataupun langsung kepada UMKM yang bersangkutan.

Dalam kegiatan yang diadakan di atrium Basko Grand Mall tersebut, pelaku UMKM juga disediakan booth untuk berjualan, pengunjung Basko Grand Mall bisa melihat dan membeli langsung produk UMKM yang turut serta dalam Bazaar New Normal yang diadakan oleh Haluan EO tersebut.

Dalam bazaar tersebut juga diadakan product knowledge session yang juga disiarkan langsung di akun media sosial Haluan EO untuk memperkenalkan produk-produk dari UMKM yang terlibat dalam bazar ini, di sisi lain juga untuk membantu upaya promosi produk dari UMKM yang terlibat. Selain pengenalan produk, pelaku UMKM juga diberikan talking clinic tentang; membangun usaha dari nol, branding dan penjualan digital, dan strategi memulai dan menjalankan usaha di tengah pandemi. Keuntungan lainnya yang diterima oleh pelaku UMKM yang terlibat dalam acara tersebut adalah promosi gratis dari selebgram dan influencer Kota Padang terkait produk-produk yang mereka jual. Hal tersebut dilakukan guna mendongkrak penjualan UMKM dan memutar kembali perputaran roda perekonomian.

Direktur Regional Haluan Media Grup yang menginisiasi Bazar New Normal ini menyadari pentingnya penyesuaian masyarakat terhadap kebiasaan baru di era new normal ini dan memulai langkah untuk berpartisipasi membangun kembali sektor-sektor perekonomian yang sempat lumpuh pada masa pemberlakuan PSBB.

Muhammad Rayhan berharap agar Bazaar New Normal ini menjadi langkah awal partisipasi pembangunan sektor perekonomian yang sempat lumpuh akibat Pandemi Covid-19 agar bangkit lagi kedepannya. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]