Pemkab Pessel Kembangkan Agrowisata dan Ekowisata Pertanian


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 09:10:03 WIB
Pemkab Pessel Kembangkan Agrowisata dan Ekowisata Pertanian Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nusirwan

HARIANHALUAN.COM - Besarnya potensi sektor pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ternyata tidak hanya sekedar menjadikannya sebagai lumbung padi di Sumbar. Sekarang ini, Kabupaten Pesisir Selatan juga mengembangkan potensi agrowisata dan agrowisata bagi masyarakat pengunjung.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pesisir Selatan, Nusirwan bahwa pihaknya melalui kerjasama berbagai stakeholder terkait akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor pertanian dan perkebunan. Sebab, potensi itu juga memiliki nilai guna terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang di daerah itu.

"Agrowisata dan ekowisata pertanian akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan di daerah ini, sebab akan menjadi destinasi bagi wisata-wisata lainya," kata Nusirwan dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (10/10/2020).

Agar pengembangan bisa dilakukan secara maksimal sesuai dengan potensi yang ada, sehingga dukungan dan kerja sama dari pemerintahan nagari, maupun dari masyarakat petani itu sendiri sangat dia harapkan. Ia mengatakan, selain stakeholder terkait pihaknya juga sangat mengharapkan kerja sama dari pemerintah nagari dan masyarakat petani dalam mengembangkan potensi agrowisata dan ekowisata yang ada.

"Sebab keberadaan lokasi atau kawasan yang akan dikembangkan, hampir tersebar di semua nagari di daerah ini," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa agrowisata dan ekowisata akan menjadi magnet bagi semua keluarga yang akan melakukan liburan ke daerah itu. Dampaknya jelas akan membuat sektor pertanian juga bisa menggeliat, disamping juga sektor lainya. Bahkan melalui sektor itu, perekonomian masyarakat petani melalui produksi non komoditi juga akan meningkat, yang pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat secara umum di daerah tersebut. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 23:46:12 WIB

    Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal

    Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Solsel Gencarkan Tes Swab Massal HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) sesuai instruksi Pjs Bupati Jasman Rizal gencar lakukan uji swab massal. Hal ini diyakini sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di kabup.
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:16:18 WIB

    Perda AKB Segera Diterapkan, Pemkab Solsel Maksimalkan Swab Gratis

    Perda AKB Segera Diterapkan, Pemkab Solsel Maksimalkan Swab Gratis HARIANHALUAN.COM - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan (Solsel) Jasman Rizal menyatakan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) mula.
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:40:22 WIB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB

    Jelang 10 Oktober 2020, Pemkab Padang Pariaman Gencar Sosialisasikan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumatra Barat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan koordinasi dan sosialisasi bersama dengan Tim Sosialisasi V Peraturan Daerah Adaptasi Kebia.
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 20:57:21 WIB

    Melalui CSR, Pemkab Solsel Bantu Sembako untuk 180 KK

    Melalui CSR, Pemkab Solsel Bantu Sembako untuk 180 KK HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) serahkan bantuan yang berasal dari CSR perusahaan di daerah itu kepada 180 Kepala Keluarga (KK). Diantaranya berupa beras sebanyak 1,8 ton dan minyak goreng seban.
  • Jumat, 25 September 2020 - 13:26:51 WIB

    Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis

    Studi Tiru, Inspektorat Padang Pariaman Dikunjungi Pemkab Bengkalis HARIANHALUAN.COM - Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Seminggu sebelumnya, juga ada kunjungan dari Inspektorat Kabupaten Musi Raw.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]