Pertumbuhan Pelaku UMKM di Dharmasraya Melaju Pesat


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 11:58:40 WIB
Pertumbuhan Pelaku UMKM di Dharmasraya Melaju Pesat Pasar Senggol, tradisi perekonomian berbasiskan kearifan lokal masyarakat yang merupakan salah satu sudut geliat ekonomi sektor riil di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

HARIANHALUAN.COM - Pertumbuhan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Dharmasraya mengalami pertumbuhan cukup pesat sejak empat tahun terakhir. Berdasarkan data pertumbuhan pelaku UMKM oleh dinas terkait, hingga pertengahan 2020 populasinya sudah mencapai 10.017 pelaku usaha atau naik hampir dua kali lipatnya dari 2016 dengan populasi sebanyak 5.188 orang.

Hal tersebut diungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Andi Sumanto, di Dharmasraya, Sabtu (10/10/2020). Menurutnya, dari data tersebut lompatan pertumbuhan terbesar terjadi pada kurun 2017 hingga 2019 dengan kenaikan rata-rata mencapai 1.500 orang pelaku usaha. 

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Kondisi tersebut, lanjutnya, terlihat berbanding lurus dengan penurunan persentase jumlah penduduk miskin dengan acuan persentase terbaru sudah berada pada posisi 6,29 dari total jumlah penduduk atau lebih rendah dari persentase jumlah penduduk miskin secara nasional, yakni 9,22 persen. Terkait peningkatan daya saing dunia usaha dan kelembagaan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Sementara persentase pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dengan peningkatan omset sudah berada pada posisi 6,62 persen atau naik sekitar 4 persen dari 2017 sebesar 2 persen. "Hingga 2019 pelaku usaha mikro yang tercatat sudah naik kelas menjadi pelaku usaha kecil mencapai 34 persen atau naik sekitar 10 persen dari 2017," katanya. 

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

"Seluruh kenaikan angka persentase tersebut tidak terlepas dari adanya stimulan dari unsur pemerintahan secara berjenjang melalui kucuran program baik yang didanai oleh APBD murni Dharmasraya hingga bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) pihak Kementerian terkait, seperti peningkatan persentase pasar dalam kondisi baik yang saat ini sudah berada pada posisi 27,01 persen pada 2019," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]