TikTok Dilarang Lagi, Tapi Bukan di Amerika


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 14:14:51 WIB
TikTok Dilarang Lagi, Tapi Bukan di Amerika Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pakistan resmi melarang penggunaan aplikasi video pendek populer TikTok. Video dari TikTok dianggap tidak bermoral dan tidak senonoh.

Kebijakan ini diambil setelah beberapa bulan lalu menyampaikan kekhawatiran serius tentang sifat beberapa video di aplikasi ByteDance dan dampaknya terhadap masyarakat.

Otoritas Telekomunikasi Pakistan menyebut meskipun ada peringatan dan waktu berbulan-bulan, TikTok  gagal mematuhi instruksi. Sehingga dikeluarkan kebijakan memblokir aplikasi TikTok.

Beberapa orang di Pakistan, negara dengan sekitar 75 juta pengguna internet, mengatakan kepada TechCrunch bahwa aplikasi TikTok dan situs webnya sudah tidak dapat diakses oleh mereka.

"TikTok telah diinformasikan bahwa otoritas tersebut terbuka untuk keterlibatan dan akan meninjau keputusannya dengan tunduk pada mekanisme yang memuaskan oleh TikTok untuk memoderasi konten yang melanggar hukum," kata Otoritas Telekomunikasi Pakistan dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari techcrunch.com.

Langkah ini diambil setelah beberapa bulan sebelumnya negara tetangga India, melarang TikTok, Bigo, dan 57 aplikasi lain yang dikembangkan oleh perusahaan China karena masalah keamanan siber.

Sebelum pelarangan, TikTok mengidentifikasi India - tempat ia mengumpulkan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan - sebagai pasar terbesarnya di luar China. Seperti di India, TikTok sangat populer di Pakistan, kata Danish Khalid, seorang eksekutif di Bykea, startup ride-hailing yang bermarkas di Karachi.

Dan kemudian ada AS, pasar terbesar berdasarkan pendapatan untuk TikTok, di mana masa depan aplikasi tetap tidak pasti.(*)

loading...
 Sumber : CNBCindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:30:00 WIB

    Alhamdulillah, Tiktok Larang Unggahan Kebencian Terhadap Muslim

    Alhamdulillah, Tiktok Larang Unggahan Kebencian Terhadap Muslim HARIANHALUAN.COM -- Tiktok mengatakan akan menindak konten kebencian, termasuk melarang informasi yang salah dan stereotip yang menyakitkan tentang komunitas Muslim, Yahudi, dan lainnya..
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 20:45:33 WIB

    Keren Nih! Instagram Bikin Audio di Reels Mirip TikTok

    Keren Nih! Instagram Bikin Audio di Reels Mirip TikTok HARIANHALUAN.COM - Instagram meningkatkan fitur audio di Reels. Peningkatan tersebut membuat Reels menjadi lebih mirip dengan TikTok, aplikasi video pendek yang belakangan populer di kalangan anak muda..
  • Senin, 28 September 2020 - 09:18:41 WIB

    Larangan TikTok di AS Batal, Perintah Trump Dibatalkan Hakim di Washington

    Larangan TikTok di AS Batal, Perintah Trump Dibatalkan Hakim di Washington HARIANHALUAN.COM - Seorang hakim Amerika Serikat (AS) di Washington memblokir perintah administrasi Presiden Donald Trump untuk melarang Apple Inc dan Google menawarkan aplikasi TikTok untuk diunduh pengguna di negeri itu. In.
  • Sabtu, 26 September 2020 - 07:03:56 WIB

    Hobi Main TikTok, Tapi Bingung Cara Pakai Fitur Stitch? Berikut Caranya

    Hobi Main TikTok, Tapi Bingung Cara Pakai Fitur Stitch? Berikut Caranya HARIANHALUAN.COM - Sembari menunggu putusan nasibnya di Amerika Serikat pada 20 September mendatang, TikTok dan ByteDance sepertinya tidak berniat untuk "libur" sebentar. Diketahui, mereka justru melanjutkan aktivitas bisni.
  • Kamis, 24 September 2020 - 08:01:00 WIB

    TikTok akan Melarang Iklan yang Menyinggung Ukuran Tubuh

    TikTok akan Melarang Iklan yang Menyinggung Ukuran Tubuh HARIANHALUAN.COM - TikTok akan melarang iklan yang mempromosikan suplemen penurun berat badan atau aplikasi diet, sebagai bagian dari kebijakannya untuk membatasi iklan produk yang menyinggung bentuk dan ukuran tubuh atau "bo.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]