Pamer Kekuatan Militer, Pemimpin Korut Mau Perang?


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:40:44 WIB
Pamer Kekuatan Militer, Pemimpin Korut Mau Perang? Kim Jong-un

HARIANHALUAN.COM - Korea Utara (Korut) memamerkan kekuatan militer pada Sabtu (10/10/20). Unjuk kekuatan tercium oleh militer Korea Selatan (Korsel) dibalut dalam rangkaian ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh yang berkuasa di Korut.

Ulang tahun tersebut, yang dirayakan dengan serangkaian konser dan festival, diawasi ketat di seluruh wilayah karena dianggap sebagai acara di mana pemimpin Kim Jong Un dapat menyampaikan pesan kepada penonton domestik dan asing. Para analis mengatakan Korea Utara mungkin akan mengungkap senjata strategis baru, tetapi media pemerintah belum merilis gambar atau laporan apa pun tentang pawai.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan melihat tanda-tanda bahwa parade yang melibatkan peralatan dan personel militer skala besar terjadi di ibu kota Pyongyang tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Ada tanda bahwa Korea Utara melakukan parade militer pagi ini di Lapangan Kim Il Sung, mengerahkan peralatan dan personel skala besar," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip CNBC Indonesia dari Reuters.

Otoritas intelijen Korea Selatan dan AS sedang memantau perkembangan, termasuk kemungkinan bahwa itu adalah peristiwa utama. Ini adalah pertama kalinya pawai diadakan di dini hari, dan Kim diharapkan hadir, kata sumber militer kepada Reuters.

"Tapi saya tidak akan terlalu banyak membaca waktunya untuk saat ini karena kami tidak tahu apakah media pemerintah akan melaporkan pawai tersebut," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya karena sensitifitas masalah tersebut.

Para pejabat Korea Selatan pekan ini mengatakan bahwa Kim dapat menggunakan acara itu sebagai unjuk kekuatan "intensitas rendah" menjelang pemilihan presiden AS pada November, karena pembicaraan denuklirisasi dengan Washington terhenti.

Pada bulan Agustus, Kim mengatakan pada pertemuan politbiro penting bahwa perayaan hari jadi harus "dipersiapkan di tingkat terbaik dengan gaya yang khas sebagai festival politik yang hebat".

Selama berminggu-minggu, citra satelit komersial telah menunjukkan ribuan tentara Korea Utara berlatih berbaris, dan pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara dapat menggunakan parade tersebut untuk mengungkap rudal balistik antarbenua (ICBM) baru, atau rudal balistik baru yang diluncurkan oleh kapal selam.

Diplomat asing di Pyongyang sering diundang untuk menghadiri perayaan sebelumnya. Namun Kedutaan Besar Rusia mengatakan di media sosial bahwa semua misi diplomatik telah disarankan tahun ini untuk "menahan diri sebanyak mungkin" dari bepergian di kota, mendekati tempat acara dan mengambil foto serta video.

Peristiwa itu terjadi ketika negara yang terisolasi itu melakukan langkah-langkah ketat untuk mencegah virus Covid-19. Media pemerintah mengatakan pembatasan telah menyebabkan penundaan dalam beberapa proyek ekonomi dan konstruksi utama Kim, yang sudah dirundung sanksi internasional.

"Tapi ini adalah pertemuan besar yang mengesankan selama pandemi global, menunjukkan bahwa pihak berwenang Korea Utara lebih peduli dengan sejarah politik dan moral nasional daripada mencegah peristiwa penyebar COVID-19," kata Leif-Eric Easley, yang mengajar di Ewha Womans University di Seoul.

Terakhir kali Korea Utara menyiarkan parade militer secara langsung di televisi adalah pada tahun 2017, ketika Korea Utara memamerkan banyak ICBM besar di tengah ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat.

ICBM sekali lagi diarak pada Februari 2018, tetapi tidak ada media internasional yang diizinkan untuk mengamatinya. Tak lama kemudian, Kim mulai bertemu dengan para pemimpin internasional seperti Presiden AS Donald Trump, dan tidak ada rudal besar yang ditampilkan sejak itu.

Dalam pesan ucapan selamat kepada Kim untuk ulang tahun tersebut, Presiden China Xi Jinping mengatakan dia bermaksud untuk "mempertahankan, mengkonsolidasikan dan mengembangkan" hubungan dengan Korea Utara, kata media pemerintahnya pada hari Sabtu.(*)

 Sumber : CNBCindonesia /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]