Dokter Eka Ingatkan Masyarakat Jangan Pakai Masker Kain Berulang-ulang, Langsung Dicuci


Sabtu, 10 Oktober 2020 - 18:17:05 WIB
Dokter Eka Ingatkan Masyarakat Jangan Pakai Masker Kain Berulang-ulang, Langsung Dicuci Ketua Tim Pedoman & Protokol dari Tim Mitigasi PB IDI, dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV.

HARIANHALUAN.COM - Terkait penerapan protokol kesehatan pada masyarakat, Ketua Tim Pedoman & Protokol dari Tim Mitigasi PB IDI, dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV mengatakan selama vaksin Covid-19 belum ditemukan maka untuk melawan virus tersebut adalah pencegahan penularan kunci utama.

"Yaitu dengan menerapkan perilaku 3M dengan memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan. Itu lah hal yang paling utama," kata Eka dikutip dari video IDI, Sabtu (10/10/2020.

Khusus masker, Eka menyarankan, jika masyarakat menggunakan masker kain, selalu menggunakan masker yang bersih. Kalau sudah menggunakannya langsung dicuci, jangan sampai dipakai berulang-ulang dan berhari-hari.

"Kalau kita memakai masker medis, bedah atau N95 pastikan masker tersebut dibuang dalam kondisi yang tidak bisa digunakan kembali," saran Eka.

Jika masker N95 tersebut dipakai di rumah sakit, kata Eka, maka pembuangannya harus sesuai dengan pengelolahan limbah rumah sakit. Jika masker ini juga bisa berpotensi menularkan saat dibuang sembarangan. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]